SIDOARJO, KANALINDONESIA.COM : Wihara Dharma Bhakti, Pondok Jati, dan Wihara Dharma Asih, Taman Pinang Indah, Sidoarjo, gelar acara keagamaan secara virtual.

Hal ini di lakukan sebagai upaya mendukung program pemerintah dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19, ibadah Waisak digelar secara virtual bahkan beberapa wihara ada yang tidak menggelar ibadah. Namun mengarahkan umat Budha untuk beribadah di rumah.

Agar tidak muncul klaster baru Covid-19 yang masih berlangsung sampai saat ini, membuat ibadah Hari Raya Waisak 2021 digelar secara berbeda. Rabu (26/5/2021).

Sementara guna menjaga kondusifitas kamtibmas di wilayah Kabupaten Sidoarjo, Polresta Sidoarjo dan jajarannya menyebar para personelnya untuk memberikan rasa aman dan nyaman bagi umat Budha yang hari ini merayakan hari raya.

Terlihat personel Polisi tetap berjaga di seluruh wihara. Tidak hanya siaga dari adanya gangguan kamtibmas. Tetapi para personel juga melakukan himbauan protokol kesehatan kepada pengurus wihara.

Kabagops Polresta Sidoarjo Kompol Trie Sis Biantoro mengatakan, karena masih adanya pandemi Covid-19 pengurus wihara banyak yang menggelar ibadah secara virtual. Namun Polresta Sidoarjo dan jajaran tetap mensiagakan para personelnya di wihara, guna memberikan rasa aman dan nyaman.

“Untuk memberikan rasa aman nyaman pada umat yang melakukan ibadah, personil kita siagakan, untuk antisipasi hal-hal yang tidak di inginkan,”kata Trie.

Sementara itu, Ketua Pesamuan Umat Buddha Indonesia (PUBI) Sidoarjo Nico Tri Sulistiyo Budi menyampaikan jika ibadah Hari Raya Waisak tahun ini banyak dilakukan secara online karena situasi masih pandemi. Andaikan ada yang beribadah di wihara.

“kita tetap patuhi peraturan pemerintah yakni tetap mengedepankan protokol kesehatan dan jumlah yang beribadah juga dibatasi 30 persen dari kapasitas wihara,”pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here