Cegah Laka Lantas Akibat Rem Blong, Satlantas Polres Mojokerto Razia Bus dan Kendaraan Berat

petugas gabungan saat periksa bus yang sedang melintas

KANALINDONESIA.COM, MOJOKERTO : Satlantas Polres Mojokerto, gencar lakukan razia kendaraan bus dan kendaraan berat, hal ini dilakukan sebagai langkah antisipasi sering terjadinya kecelakaan yang melibatkan kendaraan berpenumpang khususnya armada bus. Operasi gabungan ini, melibatkan puluhan personil gabungan dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Mojokerto, Satlantas Polres Mojokerto, serta dari Polisi Militer.

Iptu Agus Sugiharto, SH, selaku Kanit Patroli Satlantas Polres Mojokerto, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan, “Jumlah personil yang diterjukan sejumlah 63 personil dengan rincian 28 personil dari Dinas perhubungan, 35 Personil dari Polres Mojokerto serta dua personil dari Polisi Militer,” ungkapnya.(05/05/2017)

Masih menurut penjelasan Kaanit patrol,” Satu persatu kendaraan bus kita, tepikan dan diperiksa baik kelengkapan surat-suratnya SIM, STNK, maupun buku uji KIR. Pemeriksaan dilanjutkan ke sistem pengereman, handrem, sampai dengan palu untuk pemecah kaca untuk pintu darurat ketika ada sesuatu hal,” tegasnya.

Lanjut Kanit Patroli, “semua kita cek secara detail, dengan melibatkan dinas yang berkopentesi dalam bidang pemeriksaan misalya, untuk buku uji kir diperiksa oleh dinas perhubungan,” pungkasnya.

Sementara itu hal senada juga disampaikan, Ipda Bakhtiar, selaku Kanit Laka Satlatas Polres Mojokerto,  pihaknya menuturkan,”  dalam operasi kali ini pemeriksaan kita fokuskan ke armada bus, kita periksa semua dari surat-suratnya sampai dengan kelengkapan lainnya, serta alat keselamatan penumpang, mengingat sering terjadinya laka lantas yang melibatkan kendaraan umum khususnya bus yang di sebabkan rem blong,” paparnya.(05/05/2017)

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, hasil dari razia tersebut yakni, jumla pengendara yang terjaring razia sebayak 77 pelanggar, pelanggar ditilang dengan barang bukti Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) 50 buah, Surat Ijin Mengemudi (SIM) 24 Buah, kendaraan roda dua 2 buah, serta 1 truck.(mmk1/elo)