Cegah Kecelakaan Lalulintas, Petugas Gabung Razia Kendaraan Bermotor di Jombang

Razia Gabungan Petugas Dishub dengan satlantas Polres Jombang, serta TNI

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Petugas gabungan dari Satlantas Polres Jombang, TNI, Dinas Peruhubungan (Dishub) Kabupaten Jombang serta Dinas Perhubungan Jawa Timur, menggelar razia kendaraan di jalan Nasional Surabaya – Madiun, tepatnya di Jembatan Timbang Mojoagung Jombang.

Satu persatu kendaraan diperiksa mulai dari kelengkapan surat hingga kelayakan jalan kendaraan. Kendaraan yang diperiksa meliputi Armada Bus Antar Kota Antar Provinsi (AKAP), Antar Kota Dalam Provinsi (AKDP), Bus Pariwisata, Kendaraan Kontainer hingga pengguna Roda dua tidak luput dari pemeriksaan petugas.

Dari data yang berhasil dihimpun kanalindonesia.com, dalam razia yang berlangsung selama satu jam yakni mulai pukul 09.00 hingga 10.00 kendaraan yang terjaring razia sebanyak 29 pelanggar dengan rincian, 14 kendaraan pelanggaran dimensi, 4 kendaraan mati uji, 7 kendaraan tanpa ijin angkutan, 1 kendaraan penyimpangan trayek, 1 kendaraan ijin trayek mati serta 2 bus kaca retak.

Yoyok Kristyowahono, selaku Kasi Pengawasan dan Pengendalian Angkutan Jalan UPT DLLAJ Mojokerto, Dinas Perhubungan dan LLAJ Provinsi Jawa Timur saat ditemui kanalindonesia.com usai razia, mengatakan, “Razia ini digelar guna menanggulangi serta mengantsipasi kecelakaan lalulintas di Jalan raya terutama yang melibatkan kendraan penumpang seperti bus penumpang,” ungkapnya.(07/05/2017)

Dalam Razia tersebut, Yoyok menambahkan pihaknya menemukan banyak temuan kasus yakni mulai dari kaca depan bus yang retak hingga surat ijin operasi yang sudah masa berlakunya habis.

“tindakan yang kita berikan yakni mulai dari peringatan keras hingga pemberian tilang kepada sopir, dan memberikan himbauan untuk segera memperbaiki armadanya,” pungkasnya.(elo)