Antisipasi Tahanan Kabur, Polres jombang Gelar Patroli Dadakan ke Lapas

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG: Piket Perwira Pengawas (Pawas) bersama gabungan piket Satuan Fungsi (Satfung) Polres Jombang telah melaksanakan kegiatan patroli mendadak ke Rutan kelas IIB Jombang, Minggu(07/05/2017) siang.

Patroli dilaksanakan guna menunjukkan sinergitas antara pihak Lapas kelas IIB dengan Polres Jombang terhadap para tahanan dan Napi yang berada di Rutan Jombang dalam rangka mengantisipasi adanya tahanan atau Napi melarikan diri.

“Hari ini, kita dari Pawas dan Satfung Polres Jombang sengaja melakukan patroli atau inspeksi mendadak ini ke Lapas. Ini kita laksanakan sebagai uapaya untuk mensinergitaskan antara Polres dan Lapas dalam antisipasi agar kejadian di Lapas Sialang Bungkuk yaitu kaburnya warga binaan tidak terjadi di Lapas Jombang,’ucap Perwira Pengawas(Pawas) Polres Jombang AKP Hasran kepada kanalindonesia.com.

AKP Hasran bersama Kalapas kelas IIB Jombang

Diakatakan AKP Hasran, satuan fungsi(Satfung) yang melakukan patroli siang ini terdiri dari gabungan antara anggota Satreskrim, Satnarkoba, SatSabhara,Sat intelijen, Binmas dan Provos Polres Jombang.

“Patroli dilaksanakan dengan melibatkan anggota gabungan dari perwakilan semua satuan di Polres Jombang,”terang AKP Hasran.

Selain itu, dalam patroli tersebut ditemui oleh 6 orang petugas jaga Lapas dan 1 personil petugas Dapur dengan komandan jaga Joko Waluyo.

Dari data yang ada saat ini Lapas kelas IIB Jombang dihuni oleh 538 orang warga binaan, dengan rincian 527 orang tahanan laki-laki dan 11 orang tahanan perempuan, padahal kapasitas Lapas idealnya hanya 250 orang.

Sementara itu dari 538 orang warga binaan Lapas kelas IIB Jombang ini yang berstatus tahanan  terdiri dari 373 orang laki-laki dan 11 orang tahanan perempuan serta 154 orang Napi laki-laki dan 1  orang perempuan yang berstatus Napi.

Dari kesemuanya tersebut 350 tahanan/ Napi dengan kasus pidana umum(Pidum); 112 tahanan narkoba; 13 tahanan korupsi; 8 orang tahanan ilegal loging; dan 55 orang tahanan titipan.

Dari hasil giat patroli tersebut situasi Rutan/Lapas kelas IIB Jombang dalam keadaan aman, lancar dan terkendali.(Elo)