Tersangka B, Kasus Galian C, yang Melebihi Kordinat Belum Ditahan

alat berat yang berhasil diamankan oleh Satreskrim Polres Jombang

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Seperti diberitakan sebelumnya B (50) warga asal Desa Banjar Sari, selaku pemilik galian C di Desa Karangdagangan, Kecamatan Bandarkedungmulyo, Jombang, ditetapkan sebagai tersangka oleh Satreskrim Polres Jombang, atas perkara pertambangan galian C yang melebihi kordinat sesuai dengan izin yang telah ditentukan. Bahkan sebesar 5 Hektar lahan yang berada diluar kordinat yang sudah digali oleh tersangka B.

AKP Wahyu Norman Hidayat, SH, SIK, selaku Kasat Reskrim Polres Jombang, saat disinggung apakah pihaknya sudah melakukan penahanan terhadap tersangka B, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” tersangka B belum ditahan, karena yang bersangkutan kooperatif, tersangka tidak mungkin melarikan diri, serta kecil kemungkinan tersangka menghilangkan barang bukti, karena barang buktinya ada pada kita semua,” ujarnya.(07/05/2017)

Saat disingggung kapan tersangka akan ditahan oleh pihak kepolisian, Kasat Reskrim menjelaskan,” setelah berkas perkara dinyatakan lengkap (P21), dari Jaksa Penuntut Umum (JPU), tersangka kita tahan dan kita serahkan ke Kejaksaan Negeri Jombang,” tegasnya.

Ketika ditanya apakah ada tersangka lain selain B, yang merupakan Kepala Desa Banjar Sari, Kasat Reskrim, menuturkan,” dalam perkara ini tidak ada tersangka lain selain B,” pungkasnya.

Dari data yang dihimpun kanalindonesia.com, tersangka B, selain kesehariannya sebagai Kepala Desa, tersangka B juga merupakan salah satu kandidat ketua tanfidziyah PC NU Jombang, namun pihaknya kalah karena hanya mendapatkan 100 suara dalam putaran kedua, pemilihan tersebut.(elo)