Setya Novanto Resmikan Sumur Bor di Kupang

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA:  Ketua DPR RI Setya Novanto meresmikan sumur bor beserta kelengkapan air bersih yang dibangun oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Peresmian ditandai dengan pembukaan kran air bersih di Gereja Syalom Airnona, Kelurahan Bakunase, Kecamatan Kota Raja, Kota Kupang, NTT.

Hadir dalam acara tersebut Wakil Gubernur NTT,  Benny Litelnoni dan sejumlah pejabat teras Provinsi NTT serta Kota Kupang, Anggota Dewan Perwakilan Daerah dari NTT Bapak Ibrahim Agustinus Medah, Kepala Pusat Air Baku dan Air Tanah Kementerian PUPR Bapak Amir Hamzah, Direktur Sungai dan Pantai Kementerian PUPR Bapak Hari Supra Yogi, Ketua Sinode Gereja Masehi Injil di Timor Ibu Merry Kolimon. Ketua DPR RI Setya Novanto datang didampingi Isteri, Ibu Deisti Novanto, Anggota DPR RI Bapak Adies Kadir, serta Staff Khusus Ketua DPR RI Bapak Yahya Zaini dan Ibu Nurul Arifin.

Dalam sambutannya, Wakil Gubernur NTT Benny Litelnoni menyampaikan bahwa ketersediaan air bersih merupakan masalah penting di NTT. Karena itu, dirinya mewakili masyarakat NTT berterimakasih kepada Kementerian PUPR dan berbagai perjuangan serta sumbangsih Novanto terhadap masyarakat NTT, khususnya dalam pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih di Bakunase, Kupang.

“Bagi masyarakat NTT, khususnya warga Bakunase, pembangunan sumur bor dan penyediaan air bersih seperti ini sungguh sangat bermanfaat, sehingga masyarakat dapat hidup layak, terhindar dari penyakit, serta hidup lebih sehat” ujar Setya Novanto.

“Kalau tubuh kita sehat, maka jiwa dan pikiran kita juga akan sehat, sehingga partisispasi dalam pembangunan juga meningkat” lanjut Setya Novanto.

Setya Novanto memberikan apresiasi yang tinggi terhadap program kerja Presiden Jokowi untuk meningkatkan pembangunan infrastruktur di berbagai daerah. Seperti halnya yang dilakukan di Bakunase dengan membangun sumur bor dan penyediaan air bersih sebagai infrastruktur dasar. Menurut Novanto, tanpa infrastruktur yang memadai, tidak mungkin bangsa kita akan mencapai kemajuan dan kesejahteraan.

“Sebagai Ketua DPR RI sekaligus waki rakyat dari NTT, saya akan terus memastikan peningkatan infrastruktur di berbagai daerah, termasuk di NTT, khususnya dalam penyediaan air bersih dan sanittasi. Karena itu, perlu koordinasi yang baik antar semua pihak, baik pemerintah pusat, pemerintah daerah, maupun DPR RI sebagai lembaga perwakilan rakyat” kata Novanto.

Novanto juga menghimbau khususnya kepada pemerintah daerah NTT, agar dalam setiap pelaksanaan program pembangunan selalu melibatkan perguruan tinggi, tokoh agama, tokoh adat, dan tokoh masyarakat lainnya, sehingga pembangunan tersebut efektif, berguna, dan mendapatkan dukungan masyarakat.

“Saya titip kepada warga Bakunase, agar sumur bor ini dapat dijaga dengan baik, sehingga bisa awet dan berguna dalam jangka panjang. Gunakan air bersih dengan bijak” tutup Novanto. (gardo)