Terkait Fenomena Alam Sumur Ambles Danrem 082/CPYJ Beri Solusi

KANALINDONESIA.COM, KEDIRI: Fenomena alam yang berada di Desa manggis, secara langsung dikunjungi Danrem 082/CPYJ ,Kolonel Kav.Gathut Setyo Utomo S.I.P. didampingi Dandim Kediri, Letkol Arm Joko Setiyo K, M.Si (Han). Pada pantauan langsung di lapangan, Kolonel Kav.Gathut Setyo Utomo S.I.P. sempat menjelaskan kepada warga disini terkait fenomena alam ini dari sisi science, rabu (10/05/2017).

Dari keterangan Kapten Inf M.Walifatma berdasarkan release resmi yang dikeluarkan pemerintah desa setempat di Dusun Nanas, terdapat 78 sumur dan yang mengalami tanah ambles 41 sumur, sedangkan yang sudah di urug atau ditimbun 36 sumur. Di Dusun Jambean, terdapat 125 sumur dan yang mengalami tanah ambles 12 sumur sedangkan yang sudah di urug atau ditimbun 10 sumur. Dilokasi lainnya, di Dusun Dorok, terdapat 700 sumur dan yang mengalami tanah ambles 83 sumur, sedangkan yang sudah di urug atau ditimbun 80 sumur. Di Dusun Manggis, terdapat 121 sumur dan yang mengalami tanah ambles 1 sumur, sedangkan untuk pengurukan masih belum dilakukan. Di Dusun Ringinbagus, terdapat 174 sumur dan tidak ada yang mengalami tanah ambles 40 sumur.

“Fenomena sumur ambles ini dimungkinkan adanya aliran air yang baru atau tepatnya berada di kedalaman persis dengan titik terdalam dari sumur-sumur yang ambles ini. Mungkin, fenomena alam ini bisa membawa berkah dikemudian hari, karena adanya aliran air yang terbentuk dibawah kedalaman tanah,” jelas Kolonel Kav.Gathut Setyo Utomo S.I.P.

Saat dalam perjalanan menuju lokasi sumur ambles, Kepala Dusun Nanas, H. Sukarji menjelaskan, lokasi sumur ambles di Desa Manggis saat ini makin menjadi pusat perhatian sebagian warga di Kediri maupun diluar Kediri, bahkan cenderung mengarah pada destinasi wisata dadakan. Hal tersebut bisa dilihat secara sepintas, baik orang-orang membawa ponsel yang dilengkapi kamera maupun kamera digital untuk mengabadikan fenomena yang langka ini.

“Solusi bisa dicari ,kita bisa berdayakan sementara mesin pompa diesel untuk pertanian, kita alihkan fungsinya, kita bantu warga disini untuk mendapatkan air bersih, setidaknya bisa untuk mandi sehari-hari. Koramil jajaran Kodim Kediri yang mendapatkan bantuan alsintan pompa diesel, untuk sementara kita gunakan disini, agar kebutuhan warga disini bisa kita cukupi. Apalagi saat ini musim hujan, pasokan air masih berlimpah,” jelas Kolonel Kav.Gathut Setyo Utomo (dik)