KEDIRI, KANALINDONESIA.COM: Ketua Forum Peningkatan Konsumsi Ikan (Forikan) Kota Kediri Ferry Silviana Abdullah Abu Bakar mengajak orang tua untuk selalu menyediakan konsumsi ikan bagi balita. Ikan bermanfaat untuk pertumbuhan di dua tahun pertama kehidupan. Hal itu diungkapkan Ketua Forikan saat membuka Bazar Ikan dalam rangka peringatan Hari Ikan Nasional tahun 2021, Kamis (25/) bertempat di Kantor Kecamatan Pesantren.

Tingkat konsumsi ikan di Kota Kediri harus ditingkatkan. Sebab ikan memiliki banyak kandungan yang bermanfaat bagi pertumbuhan otak dan kesehatan. Tentu hal ini menjadi bekal yang baik untuk anak-anak di Kota Kediri yang nantinya akan menjadi generasi penerus. Apalagi Pemerintah Kota Kediri gencar meningkatkan berbagai upaya untuk pembangunan seumber daya manusia. “Pemenuhan gizi bagi generasi penerus kita melalui konsumsi ikan ini tepat sebagai salah satu bekal dalam membangun sumber daya manusia. Selamat Hari Ikan Nasional semoga angka konsumsi ikan di Kota Kediri terus meningkat. Balita-balitanya tumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang berkualitas,” ujar wanita yang akrab disapa Bunda Fey ini.

Istri Wali Kota Kediri Abdullah Abu Bakar ini menambahkan Kota Kediri memiliki banyak petani ikan. Mulai dari ikan hias hingga ikan konsumsi ada di Kota Kediri. Petani ikan di Kota Kediri harus terus berinovasi agar perekonomian bisa meningkat. Salah satunya dengan menjual fillet ikan frozen yang memiliki nilai ekonomi yang cukup tinggi. “Di beberapa mall besar banyak dijual olahan makanan dari fillet ikan bahkan fillet ikan frozennya juga cukup mahal. Ini bisa jadi ide bisnis. Kita bersama Pemerintah Kota Kediri akan terus mendorong hal tersebut,” imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kota Kediri Mohammad Ridwan mengungkapkan Bazar Ikan ini digelar selama dua hari, mulai tanggal 25 hingga 26 November. Tempat pelaksanaan pada tanggal 25 November di Kecamatan Pesantren dan 26 November di Kecamatan Mojoroto. Peserta Bazar Ikan adalah kelompok budidaya ikan yang terdiri dari budidaya ikan hias dan ikan konsumsi, serta kelompk pengolah dan pemasak berbahan ikan. “Bazar ini selain untuk meningkatkan konsumsi ikan Kota Kediri juga untuk menggerakkan perekonomian di sektor perikanan,” ungkapnya.

Kegiatan ini juga diihadiri oleh Camat Pesantren, Camat Kota, Camat Mojoroto, beserta Ketua Tim Penggerak PKK Kecamatan.(PNP)

-

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here