Home / Health / Jatim

Senin, 29 November 2021 - 08:58 WIB

RSUD Gambiran Luncurkan Klinik Bedah Anak

Editor - ARSO

KEDIRI, KANALINDONESIA.COM: Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Gambiran Kota Kediri kini telah memiliki fasilitas layanan Klinik Bedah Anak. Bedah anak adalah salah satu subspesialis bedah yang melibatkan janin, bayi, anak, remaja, dan sebagainya.

Direktur RSUD Gambiran Kota Kediri dr. Fauzan Adima M.Kes. mengatakan Klinik Bedah Anak ini telah dibuka sejak Agustus 2021, dengan jam pelayanan pada Hari Selasa dan Kamis pukul 08.00 – 12.00 WIB.

“Klinik Bedah Anak RSUD Gambiran telah dilengkapi peralatan bedah minor (khusus pasien anak). Dokter yang menangani juga berbeda dengan bedah umum,” kata dr. Fauzan Adima.

Hingga saat ini tidak banyak rumah sakit di Indonesia yang memiliki dokter spesialis bedah anak. Mengingat jumlah dokter spesialis bedah anak hanya sekitar 155 orang, dengan 15 dokter berada di Jawa Timur.

RSUD Gambiran Kota Kediri menjadi salah satu rumah sakit pemerintah yang memiliki dokter spesialis bedah anak yakni, dr. Arifandi Dwi S.N, Sp.BA, M.Ked.Klin. Karena itu rumah sakit milik Pemerintah Kota Kediri ini menjadi rumah sakit rujukan regional yang menerima pasien dari rumah sakit lain, mulai RSUD Kabupaten Kediri (RSKK), RSUD dr. Iskak Tulungagung, hingga RSUD dr. Soedomo Trenggalek.

Baca Juga  Road Show Vaksinasi Covid-19 Polsek Pulung bersama Puskesmas Kesugihan Datangi Petani di Persawahan

Dr. Arifandi Dwi S.N, Sp.BA, M.Ked.Klin, spesialis bedah anak RSUD Gambiran Kota Kediri menjelaskan keberadaan Klinik Bedah Anak ini sangat membantu kebutuhan layanan kesehatan bagi masyarakat Kota Kediri. Sehingga masyarakat tidak perlu jauh-jauh berobat karena semua fasilitas telah tersedia dengan baik di sini.

“Penanganan operasi pada anak sangat berbeda dengan operasi pada pasien dewasa. Anak-anak memiliki data anatomis dan fisiologis yang berbeda dengan orang dewasa. Klinik ini sudah dilengkapi peralatan operasi khusus untuk anak,” ungkap dr. Arifandi.

Selama ini beberapa rumah sakit masih melakukan tindakan pembedahan anak menggunakan peralatan untuk pasien dewasa. Padahal anak-anak membutuhkan peralatan khusus dan berukuran kecil, seperti gunting khusus kecil serta pinset kecil dan halus. “Kalau klemnya berukuran besar, kemudian dipakai untuk memegang jaringan bayi yang kecil, bisa sobek,” jelas dr. Arifandi.

Baca Juga  Piramida Ngobar Bersama Insan Pers Gresik, Kapolres: Prinsipnya Harus Selalu Bersyukur

Dia juga mengingatkan kepada para orang tua untuk sesegera mungkin mengenali kelainan bawaan lahir pada anak. Hal itu bisa dilakukan dengan mengkonsultasikan kesehatan anaknya ke Klinik Bedah Anak RSUD Gambiran.

“Jangan menggampangkan, misalnya nanti saja kalau usianya sudah 5 tahun atau 10 tahun. Karena ada standar khusus kapan harus dilakukan operasi. Kalau terlambat, yang rugi bukan hanya anaknya saja, tetapi orang tuanya juga,” kata dr. Arifandi.

Keberadaan Klinik Bedah Anak ini merupakan wujud komitmen Pemerintah Kota Kediri untuk menyediakan layanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat. (ADV)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Kasus Korupsi Proyek Pembangunan SMKN 10 Malang, Kepsek Dituntut Jaksa 5 Tahun dan Wakasek 1,5 Tahun Penjara

Daerah

Bank Jatim dan Pemprov Jatim Borong Penghargaan di Ajang TOP BUMD Award 2021

Jatim

Malam Pertama PPKM Darurat, Begini Kondisi Jalan Protokol di Malang

Jatim

Musim Tanam, Kang Bupati Sugiri Sancoko: Jangan Main-Main dengan Pupuk Bersubsidi

Jatim

Polisi Terus Gelorakan Merah Putih; Sebagai Simbol Lawan Pandemi, Ajak Ojol Hingga Pengguna Jalan

Jatim

AJI Indonesia Gelar Orientasi UKJ Berbasis Digital

Health

Antisipasi Tingginya BOR Dengan Mengkonversi Tempat Tidur dan Menambah Fasilitas Isolasi Terpusat

Birokrasi

Bansos di Masa Pandemi Tetap Digelar Serdik Sespimen Angkatan 61