Penyebab Kebakaran Pasar Songgolangit Belum Diidentifikasi

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Petugas belum bisa mengetahui penyebab kebakaran yang menghanguskan separuh dari kios pasar induk Songgolangit Ponorogo, Minggu((14/05/2017) malam.

Ditemui di lokasi, kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah(BPBD) Ponorogo Sumani belum bisa memastikan.

“Sementara ini kami masih meraba-raba, apa penyebab pastinya. Bisa juga karena di bawah itu banyak pedagang makanan yang memasak makanan/minuman atau bisa juga karena faktor konseleting. Kami belum bisa pastikan,” ucap Sumani kepada kanalindonesia.com.

Namun Sumani menduga, sumber api berasal dari lantai bawah yang kemudian merembet ke lantai dua sehingga terjadilah kebakaran hebat tersebut.

Kebakaran di pasar besar Songgolangit diketahui warga pada Minggu (14/05/2017) sekitar pukul 20.00 WIB yang bermula dari kepulan asap tebal lalu diikuti kobaran api yang terus membesar.

Dua unit pemadam kebakaran(Damkar) milik Pemkab Ponorogo satu berukuran sedang satu berukuran kecil datang sekitar 15 menit kemudian dan langsung melakukan upaya penyembrotan di titik-titik api, namun karena kencangnya hembusan angin, jalan masuk ke dalam pasar yang sempit dan banyaknya barang dagangan yang mudah terbakar menyebabkan api sulit dijinakan.

Hingga tengah malam, petugas belum bisa mengidentifikasi jumlah kios yang ludes dilahab si jago merah, karena api masih terlihat membara dan petugas belum bisa masuk ke lokasi pasar yang terbakar.(arso)