Jelang Ramadan Sejumlah Masyarakat Jombang, Gelar Budaya Sedekah Desa

beberapa masyarakat, tengah mengarak gunungan saat ritual sedekah Desa

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Jelang memasuki bulan suci Rramadan, warga Desa Wonokerto, Kecamatan Wonosalam, Kabupaten Jombang, menggelar tradisi tahunan yakni ritual sedekah Desa. Kegiatan ini juga sebagai peringatan hari jadi ke-128 Desa Wonokerto.

Kegitan ritual sedekah Desa, berupa kirab 17 gunungan hasil bumi, yaitu palawija dan berbagai macam buah-buahan hasil panen petani di Desa Wonokerto. Gunungan kemudian digiring dengan arak-arakan, sejauh dua kilometer dari lapangan SD Negeri Wonokerto di Dusun Wonokerso menuju lapangan Polindes di Dusun Pulerejo.

Acara juga dimeriahkan dengan karnaval kostum dari warga desa. Ada yang memakai baju glamor bak peragawati, ada juga yang memakai kostum warok. Usai dikirap, gunungan didoakan oleh tokoh agama Desa Wonokerto selanjutnya, gunungan diperebutkan warga Desa setempat.

Bambang selaku Kepala Desa Wonokerto mengatakan, “ peringatan sedekah Desa sebelum Ramadan ini sebagai wujud rasa syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas keberhasilan tanam warga, dan sekaligus untuk mempererat gotong royong dimasyarakat,” ujarnya.(15/05/2017)

Masih menurut penjelasan Kades, “acara ritual sedekah desa ini, merupakan agenda tahunan. Dan pada tahun ini peringatan sedikti berbeda. Jika sebelumnya satu dusun satu gunungan, tahun ini setiap Rukun Tetangga (RT) membuat gunungan, sehingga, total ada 17 gunungan yang dikirab,” ungkapnya.

Lanjut Kades, “ kami berharap, Desa Wonokerto terus diberi kelimpahan rezeki serta pembangunan sarana dan prasarananya lebih maju, serta taraf kehidupan masyarakat Desa Wonokerto juga lebih baik dari tahun ke tahun,” harapnya

Saat disinggung, bagaiaman pendapatnya tentang acara kirab atau pawai gunungan dalam acara ritual sedekah Desa tersebut, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan, “Animo masyarakat cukup tinggi. Dan jika dikehendaki, acara ini bisa menjadi destinasi baru wisata di Kabupaten Jombang,” pungkasnya.(elo)