Pasar Songgolangit Terbakar Yang Kedua Kalinya

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Pasar Songgolangit merupakan pasar besar yang sudah berusia puluhan tahun dan menjadi ikon legendaris sebagai pasar rakyat terbesar di wilayah bumi Reog.

Saat masih dalam bentuk bangunannya yang tradisional satu lantai, pada 2002 pasar Songgolangit sempat mengalami kebakaran hebat sehingga meluluhlantakkan keseluruhan lapak dan isinya sehingga rata dengan tanah.

Pasar besar ini kemudian direhabilitasi dan revitaslisasi total sehingga memiliki konstruiksi modern berlantai dua yang selesai pembangunannya pada 2005.

Menurut keterangan Suprianto, salah satu pemilik kios yang berada dideretan paling luar, pasar Songgolangit terisi penuh oleh ratusan kios. Lantai bawah disi untuk berjualan aneka sembako dan kebutuhan pokok, sementara lantai dua diisi aneka dagangan plastik dan konveksi.

Saat berita ini diturunkan, saksi menyebut volume bangunan pasar lantai dua yang terdampak kebakaran mencapai hampir 60 persen, yakni bangunan sisi selatan mulai dari barat hingga timur dan diperkirakan masih berpotensi terus meluas seiring api yang masih terus berkobar.(arso)