Kebakaran Pasar Songgolangit Ponorogo, 575 Lapak Hangus

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO:  Data diperoleh dari Kepala UPT pasar Songgolangit diperoleh setidaknya 575 lapak ludes hangus dilalap sijago merah dalam kebakaran yang terjadi di Pasar Legi Songgolangit, Ponorogo, Minggu (14/5/2017) malam.

Kepala Pasar Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Ponorogo Sigit Pramono menyatakan, kebakaran tadi malam diketahui sekitar pukul 19.50 WIB. Sebanyak 575 kios dan lapak terbakar habis. Jumlah ini adalah lebih dari separuh dari sejumlah 1.103 lapak di utara dan selatan.

“Yang kena itu di bagian selatan di dua lantai. Bawah 241, atas 334. Yang berupa toko di bagian selatan, yang menghadap barat tidak kena. Kerugian belum bisa diperkirakan. Untuk penyebab, kita tunggu dari Labfor Polda Jatim ya,” ujar Sigit.

Kasi Pemadam Kebakaran Satpol PP Ponorogo Agus Irianto mengatakan, proses pemadaman kebakaran pada kemarin malam telah berhasil menjinakkan si jago merah pada sekitar pukul 23.00 WIB. Namun pembasahan secara intensif terus dilakukan hingga sekitar pukul 01.00 WIB dinihari.

“Ada tujuh unit kendaraan pemadam yang diterjunkan. Tiga dari Ponorogo sendiri, dua dari Kota Madiun, satu dari Magetan, satu dari Trenggalek dan satu dari Wonogiri. 70 personel pemadam diturunkan tadi malam. Hari ini tinggal pembasahan sampai tidak ada bara maupun asap. Kita kerahkan dua unit damkar kita dengan satu tangki suplai air,” ungkap Agus, Senin (15/05/2017) pagi.

Diketahui pasar yang berada ditengah kota Ponorogo tersebut menempati lahan seluas 10.275 meter persegi dengan luas bangunan kurang lebih 7.400 meter persegi terdiri dari dua lantai.(arso)