Inilah Kondisi Pasar Songgolangit Ponorogo Pasca Kebakaran

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Kondisi pasar songgolangit bagian selatan yang terbakar Minggu(14/05/2017) malam hanya menyisakan tembok dan lantai.

Semua atap sudah hancur, kerangka atap yang terbuat dari baja pun banyak yang melengkung, isi atau dagangan serta kios dilantai dua yang mayoritas berupa konveksi dan peralatan yang terbuat dari plastik sudah hangus tak tersisa, demikian juga isi atau dagangan dan kios yang berada di lantai bawah bagian dalam, semua hangus dilalap si jago merah, sementara dagangan yang berada di toko yang menghadap kebarat atau yang menghadap ke jalan Soekarno-Hatta masih bisa diselamatkan. Untuk bagian utara, lantai satu maupun dua selamat.

“Yang kena itu di bagian selatan di dua lantai. Bawah 241, atas 334. Yang berupa toko di bagian selatan, yang menghadap barat tidak kena. Kerugian belum bisa diperkirakan. Untuk penyebab, kita tunggu dari Labfor Polda Jatim ya,” ujar Kepala Pasar Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Ponorogo Sigit Pramono.

Sigid menjelaskan dari jumlah 1.103 kios yang berada baik dilantai satu dan dua bagian selatan dan utara, sebanyak 575 kios dan lapak yang terbakar habis.

Ratusan lapak yang ludes terbakar tersebut semua berada di lantai satu dan dua pasar Songgolangit bagian selatan.

Dugaan sementara, api berasal dari sebuah warung di lantai dua bagian selatan pasar tersebut. Namun ada dugaan lain, yaitu korsleting atau hubungan pendek arus listrik. Untuk sementara dinyatakan tidak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Sedangkan kerugian material masih dalam penghitungan. (*)