Pemandangan Eksostis Pantai Pelang dan Air Terjun Pelang yang Masih Alami, Memukau Wisatawan yang Datang

Sejumlah pemandangan yang masih alami di komplek wisata pantai pelang, Trenggalek

KANALINDONESIA.COM, TRENGGALEK : Memanfaatkan momen liburan, sejumlah orang, biasa berkunjung di sejumlah tempat wisata, untuk sekedar berlibur bersama keluarga maupun teman, melepas kepenatan. Banyak sejumlah area wisata yang menjadi pilihan untuk berlibur, dari nuansa pegunungan maupun nuansa pantai.

Di Kabupaten Trenggalek, Jawa Timur ada tempat wisata pantai yang juga sekaligus menyuguhkan pemandangan bernuansa pegunungan, bahkan pengunjung bisa menikmati pemandangan air terjun yang masih alami. Wisata ini bernama Pantai Pelang, yang letaknya berada di Desa Wonocoyo, Keacamatan Tanggul, Trenggalek.

Letak wisata pantai pelang yang masih alami dan mempunyai daya pikat alam yang magis serta adanya sejumlah tempat wisata yang alami, bentukan alam membuat pengunjung bisa terpuaskan ketika berkunjung ke area wisata tersebut.

pintu masuk wisata pantai pelang

Hal ini disampaikan oleh Miskijo (49) salah satu petugas jaga dari dinas kebudayaan dan pariwisata (Budpar) Trenggalek, saat dikonfirmasi kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” Pantai pelang ditemukan pada tahun 1986, oleh warga setempat, dan tempat itu dikelola oleh Karangtaruna Desa, namun sejak tahun 2001, area pantai tersebut dikelola oleh pemerintah daerah, dan menjadi salah satu distinasi wisata yang ditawarkan pemerintah daerah untuk wisatawan, baik local, domestic maupun manca Negara,” ujarnya.(15/05/2017)

Ketika ditanya berapa pengunjung yang datang ketika musim liburan, Miskijo, menjelaskan,” Kira-kira kalau liburan minimal 400 pengunjung, mas,” tegasnya.

Untuk tiket masuk ke area pantai pelang, pengunjung hanya dikenakan tariff Rp 8.000,-, dan pengunjung sudah bisa menikmati pemandangan pantai yang eksotis, dan sejumlah pemandangan alam lainnya, seperti air terjun Pelang yang letaknya tidak jauh dari bibir pantai, belum lagi pengunjung juga dapat berenang di kolam renang yang disediakan oleh pemerintah daerah setempat.

air terjun pelang

Disekitar area wisata pengunjung tak perlu khawatir jika mencari minuman hangat, berupa kopi maupun wedang jahe, karena di sekitar area tersebut, penduduk sekitar berjualan untuk menyediakan minuman atau makanan bagi pengunjung, meskipun mereka belum lama berjualan di area tersebut. Seperti hal nya Yayuk (31) yang merupakan warga setempat, yang berjualan di sekitar area air terjun Pelang. Pada kanalindonesia.com, pihaknya meuturkan,” saya warga sini mas, dan baru 2 tahun saya berjualan di area ini,” ungkapnya.

Masih menurut Yayuk,” kalau musim liburan, pengunjungnya banyak mas, ya kurang lebih ada 400 an pengunjung, kalau hari biasa agak sepi yang datang,” tukasnya.

air terjun pelang

Wahyu Ahmad (23) salah satu pengunjung asal Tuban, saat ditemui kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” saya baru pertama kali ini mengunjungi, area wisata ini mas,” paparnya.

Saat disinggung bagaimana pendapatnya tentang lokasi wisata pantai dan air terjun tersebut, pihaknya mengatakan,” ya pantainya masih alami, air terjunya juga alami, ya lumayan bagus lah mas,” tukasnya.

gua pertapan pelang

Hal senada juga disampaikan Saiful salah satu pengunjung asal Jombang, saat ditemui kanalindoneisa.com, pihaknya mengatakan,”  pemandangannya masih alami dan bagus mas, termasuk air terjun dan tempat yang lain,” pungkasnya.

pemandangan alami pantai pelang

Sejumlah pengunjung banyak sekali yang memanfaatkan pemandangan alami di sekitar pantai maupun air terjun untuk sekedar berfoto selfie, mengabadikan pemandangan alam yang masih alami dan eksotis tersebut.(elo)