Tim Labfor Selidiki Penyebab Kebakaran Pasar Songgolangit Ponorogo

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Tim Laboratorium Forensik (Labfor) Polri cabang Surabaya di Polda Jatim menyelidiki penyebab terjadinya kebakaran Pasar Legi Songgolangit Ponorogo, Jatim, Senin(15/05/2017).

Setelah menyisir seluruh lokasi dan keterangan saksi yang diajak ke lokasi, penyelidikan sementara  dari Tim Labfor menduga kebakaran berasal dari percikan api di sebuah warung makan di Blok U lantai 1.

Di los bagian selatan sisi barat lantai 1 ini diduga ada beberapa sumber panas yang memungkinkan memunculkan api sebagai penyebab kebakaran.

“Nah di situ ada kabel listrik, ada tungku, dan abu abu semua kita bawa untuk kita teliti dengan gas kromatografi di laboratorium kami di Polda Jatim. Semuanya berasal dari lokasi yang sama,” ucap Ketua Tim Pemeriksa Kebakaran Pasar Songgolangit dari Tim Labfor Polri Cabang Surabaya di Polda Jatim AKBP Sudiharyono kepada kanalindonesia.com, Senin (15/05/2017)..

Pemeriksa Madya di Labfor Polri ini mengatakan, sejauh ini pihaknya belum membuat kesimpulan terkait penyebab kebakaran karena masih akan diselidiki.

AKBP Sudharyono mengaku butuh waktu 1 hingga 2 minggu untuk mendapatkan hasil penyelidikan.

“Kita belum bisa menyimpulkan sekarang, kira-kira kita butuh waktu satu hingga dua minggu lah,”ucapnya kepada kanalindonesia.com saat dilokasi kebakaran Pasar Songgolangit.

Dari lokasi tersebut, polisi mengamankan sejumlah barang, yaitu abu kebakaran, kabel, dan ballast sebuah lampu, serta tungku arang.

“Dugaan kuatnya ada dua, yaitu akibat listrik, karena itu kita bawa kabelnya dan akibat tungku sehingga kita bawa juga. Hanya itu sumber panasnya,” jelasnya.(arso)