Di Jombang Kebutuhan Pokok Mulai Naik, Jelang Ramadhan

Pedagang sembako di Pasar Tradisional

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Harga kebutuhan pokok disejumlah pasar tradisonal di Kabupaten Jombang, mulai merambat naik jelang memasuki bulan suci Ramadan 1348 Hijriah. Tiga komoditas yang mengalami kenaikan diantaranya harga telor, cabai merah dan bawang putih.

Dari pantauan kanalindonesia.com, dipasar di pasar Pon Jombang, harga telor naik tajam dari Rp 16 ribu perkilogramnya menjadi Rp 20.500 rupiah perkilogram, sedangkan harga bawang putih dari Rp 32 ribu rupiah kini menjadi Rp 48 ribu rupiah perkilogram. Dan untuk kebutuhan lain misalnya gula putih bertahan pada harga Rp 12 ribu perkilogram, minyak goreng curah Rp 11 ribu rupiah perkilogram dan beras pada kisaran Rp 7.800 rupiah hingga Rp 8000 rupiah perkilogram.

Anas (28) salah satu pedagang di pasar Pon Jombang, sat ditemui kanalindonesia.com, mentakan, “Kenaikan harga kebutuhan pokok sudah mulai ada tanda-tanda sejak sepekan terakir,” ungkapnya.(16/05/2017)

Sementara harga berbagai sayur mayur juga mengalami kenaikan diantaranya cabai merah menjadi Rp 35 ribu dari yang sebelumnya 25 ribu rupiah perkilogram, kentang super Rp 14 ribu dari sebelumnya 10 ribu rupiah perkilogram, sedangkan cabai rawit masih bertahan pada harga 48 ribu rupiah perkilogram.

Hal ini disampaikan Untari (49) salah satu pedagang sayur di Pasar Pon Jombang,” Kenaikan paling tajam terjadi pada tomat dari Rp 4 ribu perkilogramnya menjadi Rp 10 ribu ruiah perkilogram, kembang kol dari Rp 8 ribu menjadi Rp 16 ribu rupiah perkilogram, dan Koll dari Rp 6 ribu menjadi Rp 10 ribu rupiah perkilogram, serta bawang merah juga naik dari Rp 28 ribu menjadi rp 30 ribu rupiah perkilogram,” tegasnya.

Sementara itu Untari, mengaku tak mengetahui alasan kenaikan harga kebutuhun pokok tersebut, mengingat pasokan dari pengepul lancar dan tidak mengalami kendala.”Biasanya jelang ramadhan saja, dan akan terus naik hingga lebaran,” pungkasnya.(elo)