Dengan Menjalani Latihan Yang Tekun Pelda Darmawan Raih Segudang Prestasi Menembak

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Pelda Darmawan yang menjabat sebagai Basilog Kodim 0501/JP BS ini memiliki sederet prestasi yang membanggakan dalam hal menembak pistol. Karir menembak pistolnya dimulai setelah Pelda Darmawan dilantik menjadi prajurit TNI AD, yang kemudian berdinas di Yonif 201/JY. Selama berdinas di satuan Yonif 201/JY Pelda Darmawan sering mengikuti berbagai lomba olahraga militer yang diadakan rutin setiap 3 (tiga) bulan sekali. Adapun materi yang diperlombakan dalam kegiatan tersebut meliputi halang rintang, speed mars dan tri lomba. Untuk materi tri lomba terdiri dari Cross Country (CC), renang dan menembak. Karena ketertarikannya terhadap kegiatan menembak, maka Pelda Darmawan lebih memilih masuk tri lomba yang mana di dalamnya terdapat materi menembak senapan.

Pada tahun 1991 Pelda Darmawan mendapat perintah untuk latihan tinju, karena Kodam Jaya/Jayakarta sedang menggalakkan olahraga tinju dan akan dipertandingkan antar satuan di Kodam Jaya/Jayakarta. Pada saat itu Pelda Darmawan berlatih tinju di sasana milik Bapak Turino Tidar yang berada di daerah Tanah Abang, Jakarta Pusat. Selama 2 (Dua) tahun berlatih dan mengikuti berbagai macam pertandingan tinju Pelda Darmawan merasakan sakit di bagian kepalanya. Karena hal tersebut kemudian akhirnya Pelda Darmawan melaporkan hal yang dirasakannya kepada Dantonnya dengan tujuan agar mau menarik Pelda Darmawan dari berlatih tinju. Setelah mendapat keluhan dari Pelda Darmawan kemudian Dantonnya berkoordinasi dengan Koordinator Tinju agar Pelda Darmawan ditarik keluar dari latihan tinju dan dimasukan pada tim menembak karena nilai menembak dari Pelda Darmawan terbilang gemilang. Kemudian dari sinilah prestasi menembak Pelda Darmawan dimulai. Semenjak Pelda Darmawan masuk Tim menembak senapan, yang bersangkutan sangat rajin berlatih bidik kering sehingga Pelda Darmawan masuk tim inti menembak Yonif 201/JY dan menjadi wakil tim menembak Kodam Jaya/Jayakarta dalam rangka Pekan Olahraga Angkatan Darat (PORAD).

Awal mula Pelda Darmawan belajar menembak Pistol dimulai saat dia menjadi pendamping Dantonnya yang merupakan pelatih menembak pistol, karena seringnya Pelda Darmawan menyiapkan perlengkapan dan keperluan Dantonnya untuk menembak pistol. Dari situ lama-kelamaan Pelda Darmawan memberanikan diri meminjam pistol Dantonnya untuk latihan menembak dan ternyata hasil tembakannya bagus. Karena dilihat potensinya menembak pistol yang begitu besar dan nilai tembakannya bagus, kemudian Dantonnya menyarankan kepada Pelda Darmawan agar pindah dari menembak senapan ke menembak pistol dengan alasan kalau menembak senapan semakin tua fisik berpengaruh dikarenakan materi pada menembak senapan dari jarak 300 meter kemudian berlari ke jarak 200 meter dan berlari lagi ke jarak 100 meter, sedangkan menembak pistol jaraknya dekat. Mulai saat itu Pelda Darmawan pindah dari menembak senapan ke menembak pistol dan sering berlatih bagaimana mencabut pistol dari sarung, membuka kunci dan menembak secara cepat dan tepat yang dilakukan secara berulang-ulang sampai mahir. Karena ketekunannya dalam berlatih itulah yang mengantarkan Pelda Darmawan meraih banyak prestasi dalam menembak pistol.

Walaupun sekarang Pelda Darmawan sudah berdinas di Satkowil Kodim 0501/JP BS, namun Pelda Darmawan masih terus melatih kemahirannya dalam menembak pistol dengan terus mengikuti kegiatan TC menembak di Kodam Jaya/Jayakarta dan mengikuti berbagai macam perlombaan yang mengantarkannya meraih berbagai prestasi yang begitu membanggakan. Berikut adalah berbagai macam prestasi yang berhasil diraih oleh Pelda Darmawan dalam mengikuti berbagai macam perlombaan menembak pistol :

1. Tahun 1998 Juara 2 Piala Kasad.
2. Tahun 2000 Juara 2 Piala Kasad.
3. Tahun 2001 Juara 1 Menembak Senapan se Kodam Jaya.
4. Tahun 2004 Juara 2 Piala Kasad.
5. Tahun 2004 Juara 1 Menembak Pistol antar Jajaran Kodam Jaya.
6. Tahun 2005 Juara 1 Piala Kasad.
7. Tahun 2005 Juara 3 Menembak Presisi Dankomar.
8. Tahun 2006 Juara 2 Tim Porad.
9. Tahun 2008 Juara 3 Piala Kasad.
10. Tahun 2009 Juara 1 Tim Angkatan Darat AARM Singapura.
11. Tahun 2011 Juara 2 beregu Kapolri Cup.
12. Tahun 2012 Juara 2 Air Pistol Pon Rio.
13. Tahun 2013 Juara 3 Pistol Presisi Bravo Paskas.
14. Tahun 2013 Juara 2 Dan Paspampres Cup VIII.
15. Tahun 2014 Juara 1 beregu Presisi Pindad Bravo Paskhas.
16. Tahun 2016 Juara 2 Team 25 m Center Fire Pistol Men
PON XIX/2016 Jabar.
17. Tahun 2016 Juara 3 Team 25 m Rapid Fire Pistol Men
PON XIX/2016 Jabar.

(ery ns)