Dalam HUT Ke-56 Kolinlamil Laksanakan Bersih-bersih Danau Sunter

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Danau sunter adalah danau yang terletak di wilayah utara Jakarta. Dimana sebelumnya air danau ini kotor dan banyak lumpur, kurang terawat.

Tetapi kali ini dalam memperingati HUT ke-56 Komando Lintas Laut Militer (Kolinlamil), bekerjasama dengan Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, prajurit Kolinlamil bersama dengan Kotama TNI AL lain, Kapolres Metro Jakarta Utara, Dandim 0502/Jakarta Utara dan aparat Pemda DKI menggelar kegiatan bersih – bersih  di danau Sunter Jakarta Utara, Selasa kemarin (16/05/2017).

Seluruh jajaran Kolinlamil turut ambil bagian dalam kegiatan tersebut. Sepanjang pinggir danau Sunter dibersihkan dari sampah dan merapihkan rumput liar yang ada.

Aksi bersih-bersih danau ini juga dimeriahkan dengan eksebisi lomba dayung yang diikuti oleh kotama-kotama TNI AL seperti Koarmabar, Mabesal, Pushidrosal, Lantamal III Jakarta, Pasmar-2 Marinir dan Kolinlamil sebagai tuan rumah.

Panglima Kolinlamil Laksda TNI Agung Prasetiawan, M.AP. mengatakan, kegiatan bersih-bersih danau tersebut dalam rangka menyambut HUT ke-56 Kolinlamil dan mengajak masyarakat sekitar wilayah Danau Sunter Jakarta Utara untuk peduli akan lingkungan yang bersih.

“Kegiatan ini juga untuk mempererat tali silaturahmi diantara kita dengan masyarakat dalam suasana kekeluargaan yang lebih akrab,”terang Pangkolinlamil.

“Hal ini juga dapat mendorong dan meningkatkan kesadaran kita dan masyarakat terhadap kebersihan lingkungan sekitar,”lanjutnya.

Kegiatan bersih-bersih danau akan menjadikan danau ini bersih dan layak untuk dijadikan tempat latihan olah raga dayung guna mendukung tim dayung Kolinlamil dan DKI Jakarta agar lebih giat berlatih sehingga dapat meraih prestasi yang lebih tinggi dan membanggakan baik ditingkat provinsi maupun nasional.

“Mari kita wujudkan lingkungan kawasan danau Sunter yang sehat, bersih, bebas dari sampah dan preman,”pungkas Pangkolinlamil.

Dalam kesempatan itu, Pangkolinlamil bersama Kadispora Pemprov DKI Ratiyono dan unsur Pemda Jakarta Utara termasuk Dandim dan Kapolres Jakarta Utara meresmikan penggunaan sarana pusat latihan olahraga air khususnya olahraga dayung. Peresmian itu untuk melegalkan penggunaan sarana oleh TNI AL dalam hal ini Kolinlamil dalam berlatih dayung untuk para atletnya.

“Dengan diresmikannya penggunaan sarana olahraga air ini, kami berharap agar danau sunter ini menjadi lebih terpelihara dengan dimanfaatkan sebagai sarana latihan dayung dan olahraga air lainnya, dari pada jika tidak dimanfaatkan akan menjadi sarang bagi preman-preman,”tandas Pati dengan bintang dua dipundak ini.

“Saya tekankan kepada prajurit saya untuk dapat menjaga kebersihan, keamanan dan keindahan di wilayah danau Sunter ini,”tegasnya.

Dalam kesempatan ini Pangkolinlamil juga katakan dalam rangkaian HUT ke-56 akan banyak kegiatan yang diselenggarakan yakni bersih-bersih danau Sunter, lomba musik , lomba melikis dan acara gemar makan ikan.

“Rangkaian kegiatan ini adalah untuk membina dan meningkatkan hubungan yang harmonis antara Kolinlamil dengan masyarakat,”imbuhnya.

Pada hari itu juga dilaksanakan eksebisi dayung antar Kotama, tim dayung Kolinlamil berhasil meraih urutan pertama dalam nomor dayung perahu naga disusul tim dayung Lantamal III Jakarta, kemudian Tim Dayung Mabesal. Sedangkan untuk nomor perahu karet tempat pertama diraih Podsi DKI, diikuti Kolinlamil dan urutan ketiga Koarmabar. (ery ns)