Pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo, Pekan Depan Bisa Jualan

tim relawan saat mulai melakukan pembersihan puing kebakaran Pasar Songgolangit

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Pedagang Pasar Songgolangit, Ponorogo pekan depan diperkirakan akan segera bisa berdagang lagi.

“Mereka (para pedagang) tidak keluar dari tempat ini. Tapi kapan mereka bisa mulai berjualan? Paling cepat satu pekan lagi. Kita menunggu pembersihan dulu. Kata Kepala PU, butuh paling lama sepekan itu untuk pembersihan dan akan lebih cepat bila dibantu bapak-bapak dan mas-mas di sini,” kata Bupati Ipong Muchlisoni, Rabu (17/05/2017) usai bertemu para pedagang korban kebakaran.

Relokasi yang tatap di Pasar Songgolangit merupakan aspirasi padagang mengingat saat ini sudah mendekati puasa dan Lebaran sehingga mereka tetap bisa melayani pelanggannya tanpa harus pindah jauh dari lokasi sebelumnya.

Ini setelah proses pembersihan puing-puing kebakaran selesai dilaksanakan serta dilakukan penambahan fasilitas sehingga layak untuk berdagang.

Mereka akan berada di lokasi tersebut sampai menjelang pembangunan gedung baru pasar ini.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Kabupaten Ponorogo Addin Andanawarih menambahkan, para pedagang belum dizinkan untuk berjualan selama pasar belum dalam benar-benar dibersihkan dan siap untuk ditempati lagi.

Untuk Kamis (18/05/2017) besuk, pedagang di sebelah utara bisa melakukan evakuasi untuk barang dagangannya. Mereka bisa membersihkan lokasi berdagangnya.

“Demi solidaritas yang mereka utarakan kemarin, maka mereka semuanya baru berdagang setelah pasar relokasi siap. Jam 07.00 WIB sampai jam 09.00 WIB mereka bisa ke kiosnya dan lapaknya untuk melihat dan bersih-bersih,” ungkap Andin.(arso)