Dinas PU Ponorogo Akan Lakukan Pengujian Bangunan Pasar Songgolangit

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Tim dari Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Ponorogo akan melakukan pengujian terhadap bangunan pasar Songgolangit yang terbakar Minggu(14/05/2017) lalu.

“Untuk sementara sebelum pengujian, rekomendasi kami hanyalah lantai 1 dan void (ruang di sebelah tangga),”ucap kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Ponorogo, Jamus Kunto ditemui dilokasi pasar Songgolangit.

Pengujian ini dilakukan guna mengetahui kondisi dari kekuatan struktur beton.

“Kalau di lantai 2 tidak boleh karena kami harus tahu betul kekuatan struktur beton itu Setelah terkena suhu tinggi, beton cor itu kan retak. Di atas nantinya akan kita pasang atap galvalum. Itu kan cepat dan ringan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Ponorogo Jamus Kunto.

Jamus menyatakan, saat ini ada dua jenis sampah yang harus dibersihkannya. Yaitu sampah konstruksi yang berupa rangka baja dan tulangan, serta sampah sisa kebakaran dari barang daganganyang terbakar.

“Untuk yang konstruksi butuh para ahli untuk memotong besi dan sebagainya. Sedangkan yang lain nanti bisa kerja bakti semua pihak agar lebih cepat,” ujarnya.

Ahli ini dibutuhkan karena kondisi konstruksi dinilai membahayakan. Rangka baja yang ada sudah tidak beraturan bentuknya dan posisi sudah membahayakan alias rawan jatuh. Ada empat kelompok berangota masing-masing delapan personel yang akan melakukan pemotongan rangka baja ini.

“Kita akan mulai besok karena hari ini masih ada pedagang yang evakuasi barang. Tadi sudah datang tapi kita batalkan, besok lanjut lagi,” ujarnya.

Setelah bersih, lanjut Jamus, tim dari Dinas PU akan melakukan pengujian terhadap struktur bangunan yang ada. Hal ini untuk menentukan ketahanan bangunan bila ditempati sebagai tempat relokasi sementara alias pasar darurat.(arso)