Dibersihkan, Pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo Boleh Masuk

Pedagang pasar Songgolangit mulai mengais sisa-sisa barangnya yang masih berharga di lapak pasar songgolangit

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Ratusan pedagang Pasar Songgolangit Ponorogo diperbolehkan masuk untuk melihat kondisi lapak tempat mereka jualan dan mulai melakukan pembersihan bekas-bekas kebakaran yang terjadi Minggu(14/05/2017) lalu.

Dengan dibantu TNI, Satpol PP, anggota PMK, BPBD dan relawan non pemerintah, mereka menyisir lapak milik mereka yang kini telah hangus tinggal abu dan puing-puingnya.

Mereka tak bisa berbuat banyak, bahkan sebagian besar sangat terperanjat karena baru pertama kali bisa masuk melihat dari dekat lapak yang selama ini menjadi tumpuan hidup mereka.

“Korban yang lapaknya terbakar boleh mendekat dan mengambil barangnya, dengan sarat harus kuat,”ucap Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi dan Usaha Mikro Ponorogo Andin Andanawarih kepada kanalindonesia.com.

Diakatakan Andin, dalam pembersihan lantai 1 los selatan ini tim menargetkan hari ini harus selesai.

“Jadwalnya hari ini kita selesai, karena sebelum Ramadhan harus bisa untuk berjualan,”ucapnya.

Dijelaskan Andin, target dari bagian tehnis yaitu Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kabupaten Ponorogo maksimal satu minggu semua harus sudah selesai.

“Ditarget oleh Pak Jamus (kepala PU), selama satu minggu harus selesai,”tegas Andin.

Sementara itu, terkait dengan sejumlah pedagang bagian utara yang sebagian juga mengeluarkan barang-barang daganganya, Andin Andanawarih mengatakan,”“hasil petunjuk dari Pak Bupati memang menyatakan barang boleh diambil, namun itu hanya barang yang cepat rusak atau yang cepat busuk. Disepakati hari ini bisa mengambil barang yang mudah rusak dan busuk,”pungkasnya.