Jelang Ramadhan Harga Ayam Potong dari Peternak Normal

salah satu kandang ayam potong milik Warsubi di Mojokrapak

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Jelang memasuki bulan suci Ramadhan, harga ayam potong di peternak masih normal yakni Rp 17.500,- perkilogram, belum ada kenaikan, namun harga di pasar harga ayam Rp 30.000,-, hal ini dikarenakan rantai penjualan daging ayam potong terlalu panjang.

Hal ini disampaikan oleh Warsubi (45) salah satu peternak ayam potong asal Desa Mojokrapak, Kecamatan Tembelang, Jombang, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan,” untuk setok daging ayam potong masih aman, di gudang kami ada 800 Ton daging ayam beku. Dari Harga Pokok Penjualan (HPP) dari peternak Rp 16.500,- sedangkan harga jual kepada broker Rp 17.500,-, jadi peternak masih untung seribu dari tiap kilogram daging ayam potong,” ujarnya.(19/05/2017)

Masih menurut Warsubi,” bulan ini peternak bisa dikatakan untung, karena pada bulan kemarin peternak rugi, dikarenakan harga daging ayam potong di kandang Rp 13.000,-, dan ini jauh di bawah HPP” tegasnya.

Saat disinggung apa yang membuat harga daging ayam potong di pasar naik, pihaknya menjelaskan,” ini dikarenakan mata rantai perdagangannya daging ayam potong terlalu panjang, hingga sampai ke tangan konsumen, namun kalau dari segi pedagang yang ada di pasar tidak akan dirugikan, karena mereka beli sesuai dengan harga di pasaran pada umumnya,” ungkapnya.

Lanjut Warsubi,” kalau pedagang beli daging ayam potong dengan harga mahal ya, mereka jualnya mahal, kalau belinya murah ya, jualnya murah, pedagang gak akan rugi namun kalau peternak bisa saja rugi kalau harga per kilogram daging dibawah HPP. Daging ayam potong, adalah salah satu protein hewani yang tergolong murah dan terjangkau oleh masyarakat, dibanding daging sapi,” pungkasnya.

Dari pantauan kanalindonesia.com, di dalam 1 kandang saja terdapat 22 ribu ayam potong yang berusia 9 hari, dan setelah 35 hari kedepan, tepatnya tanggal 20 Juni, ayam-ayam potong ini sudah siap untuk dipotong dan diambil dagingnya untuk kebutuhan Hari Raya Idul Fitri.(elo)