Humanisme Pelda Sunarto Saat Kawal Aksi Unras BEM UI Dan BEM ITB

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Babinsa Koramil 05/Tanah Abang Dim 0501/Jakarta Pusat BS Pelda Sunarto bersikap humanis terhadap massa demonstran, saat dirinya sedang memantau jalannya aksi unjuk rasa BEM UI dan BEM ITB, bertempat di depan pintu gerbang Gedung DPR/MPR RI, Jalan Jenderal Gatot Subroto, Tanah Abang Jakarta Pusat, Jumat (19/05/2017).

Dalam unras kali ini para mahasiswa BEM UI dan BEM ITB yang berjumlah sekitar 100 orang ini, menuntut supremasi hukum di Indonesia, menjunjung moral kekeluargaan dan gotong royong serta kokohkan supremasi hukum dan tegakan keadilan.

“Selain untuk mengawal dan memantau jalannya aksi unjuk rasa, tujuan kami ada di sini adalah untuk membantu aparat kepolisian dalam mengamankan dan kelancaran berlangsungnya aksi tersebut,”terang Sunarto.

“Mereka ini kan adik-adik kita juga, semua yang berasal dari beberapa daerah, sudah semestinya untuk kita saling bertegur sapa demi menjaga ke-Bhinnekaan dalam wadah Negara Kesatuan Republik Indonesia,”imbuhnya.

Pelda Sunarto menjelaskan, bukan pada kegiatan kali ini saja, kami senantiasa besikap humanis dan persuasif terhadap para demonstran yang sedang melaksanakan aksi unjuk rasa, melainkan di semua kesempatan pada kegiatan seperti ini, kami selalu melakukannya.

“Karena kami sadar TNI berasal rakyat, sehingga sudah menjadi tanggung jawab dan kewajiban kami untuk senantiasa melindungi dan mengayomi masyarakat”, tutupnya.

Dalam kesempatan tersebut, Sunarto juga mengajak kepada para demonstran, agar dapat secara tertib dalam menyampaikan aspirasinya dan tidak berbuat hal-hal yang anarkis. (ery ns)