Pemkab Ponorogo Lakukan Pendataan Kerugian Akibat Kebakaran Pasar Songgolangit

KANALINDONESIA.COM, PONOROGO: Dinas Peradagangan Koperasi dan Usaha Mikro ( Perdagkum) Kabupaten Ponorogo melakukan pendataan atas kerugian yang dialami oleh para pedagang, terutama pedagang yang menjadi korban kebakaran.

Posko pelaporan kerugian telah dibuka mulai Jumat (19/05/2017) pagi kemarin dan akan ditutup bila seluruh pedagang telah memberikan laporannya.

“Kalau hari ini baru separuh pedagang yang datanya kerugiannya masuk. Kita juga belum menghitung nilai kerugian sementara itu. Mungkin Sabtu atau Minggu baru selesai. Agak sulit juga mendatangkan semuanya bersamaan, sudah ditelpon juga belum tentu bisa datang,” ujar Addin.

Pendataan bagi pedagang ini juga sebagai sarana bagi Pemkab Ponorogo untuk menentukan besaran bantuan modal yang akan diberikan kepada para pedagang.

“Pak Bupati berencana memberikan bantuan sekedarnya sebagai rasa katresnan (kasih sayang) kepada warganya pedagang pasar. Besarnya berapa bantuan modal ini ya berdasarkan laporan kerugian ini,” ungkapnya.

Pelaporan ini juga merupakan bagian dari inventarisasi nilai kerugian akibat kebakaran ini. Sebab kerugian pasar bukan hanya soal barang dagangan para pedagang tapi juga kerugian bangunan pasar yang merupakan aset daerah.

“Semua sedang dihitung, kami belum mendapatkan angkanya. Masih menunggu pembersihan yang secara bertahap sedang dilakukan. Total kerugian ini nantinya akan kita laporkan ke kementerian yang bersangkutan, juga Pemprov Jatim,” ulas Addin.