Gunung Sinabung Kembali Meletus, Muntahan Material hingga 4 Kilometer

KANALINDONESIA.COM, KARO: Gunung Sinabung kembali menunjukan aktivitasnya dengan menyemburkan material vulkanik mencapai ketinggian 4 kilometer, Sabtu (20/05/2017).

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) masih menetapkan Gunung berapi aktif yang berada di Kabupaten Karo, Provinsi Sumatera Utara dalam status awas, dengan potensi letusan susulan yang masih tinggi.

Masyarakat pun diperingatkan untuk tidak melakukan aktivitas di dalam radius tiga kilometer dari puncak gunung, dalam jarak 7 km untuk sektor Selatan – Tenggara, di dalam jarak 6 km untuk sektor Tenggara – Timur, serta di dalam jarak 4 km untuk sektor Utara – Timur Gunung Sinabung

“Masyarakat dihimbau untuk terus waspada dan mentaati rekomendasi pemerintah. Tidak dapat diprediksikan sampai kapan Gunung Sinabung akan berhenti meletus. Parameter vulkanik dan seismisitas gunung masih tetao tinggi sehingga potensi letusan susulan masih akan tetap berlangsung,”ucap Sutopo.

Sutopo juga mengatakan masyarakat yang tinggal di sekitar sungai-sungai yang berhulu di Gunung Sinabung untuk mewaspadai bahaya lahar. Bendungan alam yang terbentuk di hulu Sungai Laborus juga dikhawatirkan akan jebol jika tidak mampu menampung air/lahar.(*)