Kendaraan Lapis Baja Menkav-1 Mar Simulasikan Kemampuan Tempur

KANALINDONESIA.COM, SITUBONDO : Kendaraan tempur lapis baja Resimen Kavaleri-1 Marinir  ( Menkav-1 Mar ), mensimulasikan kemampuan tempur di medan latihan Pusat Latihan Tempur ( Puslatpur ) Marinir, Baluran Karang Tekok Situbondo Jawa Timur, Kamis silam (18/05/2017).

Sebanyak 9 unit kendaraan tempur  (Ranpur)  Menkav-1 Mar yang meliputi 2 unit BMP 3F, 2 unit PT 76 M, 2 unit BTR 50 PK dan 3 unit BTR 50 PM, melaksanakan kegiatan simulasi Gerakan Maju Untuk Kontak (GMUK). Kegiatan diawali dengan pemberian perintah operasi oleh Kepala tim aspek darat kepada kru ranpur, selanjutnya para kru beserta ranpur bergerak dari titik pemberangkatan di pantai Banongan Asembagus menuju titik sasaran yang berada di area latihan Puslatpur Marinir Baluran Karang Tekok.

Kegiatan latihan simulasi ini turut disaksikan oleh Komadan Resimen Kavaleri-1 Marinir Kolonel Mar Agung Trisnanto yang juga bertindak sebagai Pimpinan Latihan, Pasops Danmenkav-1 Mar Letkol Mar Supriyadi, dan Danyon Ranratfib-1 Mar Mayor Mar Agus Setiadi SH.M.,Tr.Hanla.  selaku Perwira Pelaksana Latihan (Palaklat).

Simulasi ini merupakan bagian  dari  Latihan Satuan Dasar ( LSD) TW II Tahun 2017 Menkav-1 Mar. Dimana kegiatan GMUK ini merupakan rangkaian dari materi aspek darat yang harus dilalui oleh peserta latihan LSD TW II tahun 2017.

Maksud dan tujuan dari kegiatan ini menurut kepala tim aspek darat Mayor Mar Arif Wahyudi adalah agar setiap kru material tempur dapat meningkatkan kemahiran dalam bermanuver didarat serta memahami dan teliti dalam mengambil sebuah keputusan dengan cepat dan tepat. (ery ns/dispen kormar)