Cek Kondisi Pasar, Satgas Pangan Belum Temukan Kenaikan Harga Sembako

Tim satgas pangan kabupaten Jombang melihat langsung kodisi gudang sembako

KANALINDONESIA.COM, JOMBANG : Beberapa anggota tim satgas pangan Kabupaten Jombang, memantau langsung kondisi harga sembako di sejumlah pasar, jelang ramadan dan hari raya idul fitri. Hal ini dilakukan untuk mengetahui secara langsung ketersediaan barang serta memantau harga kebuotuhan pokok tersebut.

“hingga saat ini masih belum kita temukan kenaikan harga kebutuhan pokok secara signifikan di Kabupaten Jombang, namun pantauan tersebut akan terus kita lakukan,” ujar Ketua Tim satgas Pangan Kabupaten Jombang, yakni AKP Wahyu Norman Hidayat.(22/05/2017)

Berdasarkan data hasil pemantauan tim yang diturunkan kelapangan, Norman menyebutkan untuk harga kebutuhan pokok hasil pertanian seperti Beras, Jagung, Kedelai lokal, kedelai import, Cabai Biasa, Cabai Rawit, Bawang merah dan Bawang Putih belum menunjukan harga kenaikan, yag cukup signifikan dan tak lazim.

“Sedangkan untuk kebutuhan pokok industri, seperti Gula, Minyak Goreng Curah, Minyak Goren Kemasan, tepung terigu, garam halus beryodium yang mengalami kenaikan hanya minyak goreng kemasan yakni dari Rp 12.700 untuk dua liternya menjadi Rp 26.000 dua liternya,” tegasnya.

Masih menurut Norman, untuk kebutuhan pokok hasil ternak meliputi, daging sapi, daging ayam kampung, daging ayam boiler, telur, ikan hingga saat ini belum mengalami kenaikan.”Kita akan terus pantau harga dan kesedian bahan pangan dilapangan jika memang ditemukan kenaikan yang tidak wajar maka akan kita koordinasikan dengan dinas terkait,” imbuhnya.

Lanjut Norman, tim satgas pangan juga bertugas memantau alur distribusi kebutuhan pokok jelang ramadan dan lebaran, hal ini dilakukan guna mengantisipasi tindakan oknum yang tak betanggung jawab yang memanfaatkan situasi, dengan menimbun bahan pokok untuk meraup keuntungan yang besar.”Jika memang kita temukan maka akan kami tindas tegas sesuai dengan hukum yang berlaku,” pungkasnya.(elo)