Kita Wujudkan Pelaksanaan Program KB Kesehatan

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Kegiatan Program KB Kesehatan di wilayah Kodim 0502/Jakarta Utara (JU) Korem 052/Wkr yang dibuka oleh Sekda Provpinsi DKI Jakarta bapak Saefulloh, bersama-sama dengan Pemprov DKI Jakarta yang pembukaannya bertempat RTH Kalijodo Jalan Kepaduan Penjaringan Jakarta Utara, Selasa (23/05/2017).

Dalam  kegiatan ini diantaranya Kegiatan KB Kes di wilayah Kodam Jaya pada tahun 2017 ini, dilaksanakan pada bulan Mei dan bulan Oktober, dengan sasaran daerah tertinggal, terpencil dan daerah perbatasan, yang meliputi kegiatan Pengobatan Umum 450 orang, Pelayanan KB (Vasektomi dan pasang IUD) 150 orang, Pengobatan gigi 100 orang, Papsmear 100 orang, lvates 100 orang, Kelompok kegiatan 100 orang dan Pembagian sembako 1000 paket.

Aster Kasdam Jaya Kolonel Kav P. Meyer Putong, SH., yang mewakili Pangdam Jaya menjelaskan Program pencanangan terpusat merupakan wujud nyata BKKBN bekerjasama dengan TNI Memberikan partisipasi dan Mengajak masyarakat dan berperan serta mengikuti program kesehatan, mengikuti program KB Kes mewujudkan keluarga kecil bahagia.Dan pencanangan kegiatan ini merupakan wujud nyata dari kepedulian kita bersama antara institusi TNI, Pemda, Organisasi Kemasyarakatan, kalangan swasta, dan dibantu para pemuka masyarakat.

Kegiatan KB Kes ini dilaksanakan dalam rangka mengajak instansi terkait khususnya pihak swasta dan donator di wilayah masingmasing untuk dapat memberikan partisipasi serta kepedulian yang tinggi terhadap lingkungan untuk ikut dalam kegiatan Progam KB Kes.

“Demikian juga mengharap dan mengajak para pemuka masyarakat, tokoh agama, para pemuda dan organisasi masyarakat untuk ikut berperan serta secara optimal dalam membantu meningkatkan kesehatan di masyarakat,”ucap Dandim 0502/JU.

Dandim juga menjelaskan, KB Kesehatan merupakan salah satu kunci keberhasilan pembangunan manusia Indonesia seutuhnya. Apabila KB-Kes tidak berhasil, maka untuk menata kehidupan selanjutnya akan menjadi lebih sulit, laju pertambahan penduduk akan menjadi potensi ancaman nasional apabila tidak diimbangi dengan peningkatan kesejahteraan masyarakat.

Dandim 0502/Jakarta Utara Letkol Kav Soleh S.Sos., mengatakan wujud kerjasama program KB Kes merupakan program lintas sektoral, dilaksanakan secara terpadu antara unsur TNI dan BKKBN serta berbagai kementrian/instansi dan organisasi sosial masyarakat/LSM, tokoh masyarakat, pengusaha dan masyarakat yang mempunyai komitmen kuat untuk peduli pada masalah kesehatan masyarakat di DKI Jakarta, sekaligus menunjang kelanjutan pembangunan nasional.

Kegiatan ini dihadiri oleh Aster Kasdam Jaya Kolonel Kav P. Meyer Putong, SH., Kasilog Korem 052/Wkr, Dandim 0503/Jakarta Barat Letkol Inf Wahyu Yudhayana, Dandim 0502/Jakarta Utara Letkol Kav Soleh, S.Sos., para Danramil wilayah Kodim 0502/JU, para pengurus Persit Kartika Chandra Kirana dan para undangan.

Selain itu acara pencananagan juga diisi dengan penyerahan paket bantuan Mushola RTH Kalijodo berupa alat sholat dan Al Quran, Penyerahan Akte Kelahiran, Penyerahan Kartu Identitas Anak, Penyerahan Paket Sembako sebanyak 1000 paket kepada lansia dan peserta KB, Penyerahan penghargaan pojok baca kepada RPTRA terbaik se Jakarta Utara, Pelayanan kesehatan umum, pelayanan kesehatan gigi, pelayanan kesehatan papsmear, pelayanan kesehatan IVA, Pelayanan Kesehatan Pom Tan Dan Pelayanan Kesehatan KB.

Antusiasme warga tampak terlihat selama kegiatan tersebut, terima kasih Bapak TNI yang sudah menyediakan pengobatan gratis dan pelayanan KB serta pembagian sembako, semoga kegiatan seperti ini lebih sering dilakukan, harap Ibu Susi salah warga Pejagalan. (ery ns)