Usai Rekom PKB Turun, Gus Ipul Siapkan Koalisi Jawa Timur

Ketua PBNU Syaifullah Yusuf ( foto : KIcom)

KANALINDONESIA.COM, SURABAYA: Wagub Jatim Syaifullah Yusuf  dipastikan akan diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) di Pilkada Jawa Timur 2018 mendatang.

Ini disampaikan Gus Ipul usai membuka Festival Ramadan 2017 di Masjid Agung Al Akbar. Surabaya Jumat (26/05/2017) sore.

Gus Ipul hanya tinggal menunggu rekomendasi yang resmi ditandatangani Ketum DPP PKB, Muhaimin Iskandar. Selanjutnya, Ia akan mengumpulkan kekuatan semua partai untuk membangun koalisi.

“Saya berterima kasih diberi kepercayaan oleh PKB. Saya juga akan mengumpulkan kekuatan lain untuk membentuk koalisi Jawa Timur,” kata Gus Ipul.

Dia menjelaskan, koalisi Jawa Timur yang dimaksudkannya itu bertujuan untuk membangun suasana adem (dingin).

“Maksud koalisi yang mungkin berbeda dengan koalisi di provinsi-provinsi lain. Kita ingin persaingan di sini tetap adem. Tidak perlu panas,” katanya lagi.

Lantas, dengan mengumpulkan semua kekuatan partai dalam satu barisan (koalisi) itu, Gus Ipul berharap aklamasi (calon tunggal)?

“Bukan calon tunggal. Kita ingin kebersamaan. Soal calonnya nanti berapa, ya itu partailah nanti ya, kita, apa, menghormati proses internal partai,. Tapi yang jelas, bahwa kiai-kiai dan PKB itu spiritnya, adalah membangun kebersamaan. Untuk itu, membangun kebersamaan dengan kekuatan-kekuatan lain,” sambungnya.

Sementara itu, Ketua Umum DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar mengaku perlu berbicara dan duduk bersama dengan Gus Ipul dan Halim Iskandar, siapa yang kira-kira cocok untuk dijadikan pasangan duet dalam Pilgub tahun depan.

“Kalau harapannya sih, mudah-mudahan siapapun wakilnya nanti juga harus sama-sama dari NU. Jadi kami berjuang menjadi satu. Tentunya, PKB akan berkoalisi dengan partai lain. Siapa partai yang akan koalisi dengan kami, nantikan saja, yang jelas sudah ada beberapa partai yang komunikasi dengan PKB,” pungkasnya.(*)