Inilah Kronologi OTT Suap WTP di Kemendes PDTT

ilustrasi

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA: KPK menetapkan 4 orang sebagai tersangka dalam dugaan kasus suap terkait predikat WTP di Kemendes PDTT.

Dalam siaran persnya yang digelar Sabtu(27/05/2017) petang, KPK menjelaskan kronologi OTT tersebut selengkapnya, sebagai berikut:

Jumat, 26 Mei 2017

Pukul 15.00 WIB

KPK mendatangi kantor BPK RI di Jalan Jend Gatot Subroto dan mengamankan 6 orang. Mereka adalah auditor BPK ALS (Ali Sadli), pejabat eselon I BPK RS (Rochmadi Saptogiri), pejabat eselon 3 Kemendes JBP (Jarot Budi Prabowo), sekretaris RS, sopir JBP, dan satu petugas satpam.

Dari ruangan ALS ditemukan uang Rp 40 juta yang juga bagian dari total komitmen dari Rp 240 juta. Sebelumnya, pada awal Mei 2017, diduga telah diserahkan uang Rp 200 juta.

Pukul 16.20 WIB

Tim penyidik KPK mendatangi kantor Kemendes PDTT di Jalan TMP Kalibata Taman Makam Pahlawan No 17, Jaksel. KPK kemudian mengamankan satu orang, yakni SUG (Sugito), yang merupakan Irjen Kemendes PDTT.

KPK kemudian melakukan penyegelan di sejumlah ruangan di Kemendes PDTT dan BPK RI. Hal tersebut untuk pengamanan barang bukti.

Ruangan yang disegel di BPK antara lain ruangan ALS dan RS. Sedangkan di Kemendes PDTT, ada 4 ruangan yang disegel, antara lain ruangan JBP, 2 ruangan di Biro Keuangan, dan ruangan SUG. (*)