Kadislambair Koarmabar Terima Kehormatan Brevet Penyelam

KANALINDONESIA.COM, JAKARTA : Kepala Dinas Penyelamatan Bawah Air Komando Armada RI Kawasan Barat (Kadislambair Koarmabar) Kolonel Laut (E) Monang Hatorangan S. menerima Kehormatan Brevet Penyelam oleh segenap penyelam TNI AL Kormabar di Perairan Teluk Jakarta, Tanjung Priok, Jakarta, Selasa (30/05/2017).

Sebelumnya Kadislambair Koarmabar melaksanakan rangkaian kegiatan bawah laut yang terkait dengan penyelaman antara lain melakukan pengelasan bawah air.

Dalam sambutannya, seusai penyematan brevet Kadislambair Koarmabar antara lain mengatakan bahwa, prajurit Dislambair Koarmabar harus meningkatkan kemampuan dan profesional dengan didukung sarana dan prasarana yang memadai, sementara kondisi sarana prasarana dan peralatan salvage diver yang dimiliki sangat minim dan memprihatinkan.

Hal ini dihadapkan dengan kondisi geografis Indonesa yang berada di posisi sabuk merah yang sangat rawan terjadi bencana alam dan antisipasi kecelakaan transportasi di lautan.

Menurut Kadislambair Koarmabar, dalam mengemban jabatan sebagai seorang perwira penyelam harus mampu meningkatkan soliditas, kemampuan dan profesionalisme prajurit serta alat peralatan tempur dan pendukungnya untuk melaksanakan tugas pokok dan fungsi satuan dalam mendukung tugas TNI Angkatan Laut.

Dengan latar belakang Negara kepulauan pada posisi yang sangat strategis, dengan dua pertiga wilayahnya lautan dan berpenduduk 230 juta jiwa serta mendukung program Pemerintah bahwa NKRI sebagai Poros Maritim Dunia yang mayoritas menggunakan laut sebagai sarana utama persatuan, ekonomi, transportasi dan pertahanan keamanan.

Apalagi pada saat ini TNI Angkatan Laut dikembangkan dengan rencana penambahan armada yang diisi dengan Kapal-kapal perang yang besar, canggih dan tersebar di seantero Nusantara, maka dengan itu sebagai satuan salvage diver Dislambair Koarmabar harus memiliki personel yang kuat, solid dan profesionalisme yang tinggi dan mumpuni yang harus didukung oleh sarana prasarana serta alat peralatan salvage diving yang dapat mengimbangi kondisi kekuatan Kapal-kapal perang TNI Angkatan Laut terkini. (ery ns/dispen koarmabar)