Operasi Satgas Pangan, Polres Mojokerto Tangkap Pengusaha Penggelonggong Sapi

Kondisi sapi yang digelonggong

KANALINDONESIA.COM, MOJOKERTO : Satgas Operasi Pangan Unit Pidana Ekonomi Polres Mojokerto, menggerebek rumah yang dijadikan untuk menggelonggong sapi sebelum di jual kembali di Dusun Pandan Asri Desa Simbaringin Kecamatan Kutorejo. Dari penggerebekan ini petugas mengamankan pelaku sekaligus pemilik sapi bernama Siswadi (42).

Hal ini dibenarkan oleh AKP Sutarto, selaku Kasubag Humas Polres Mojokerto, pada kanalindonesia.com, pihaknya mengatakan, “Selain pelaku, kita juga mengamankan seekor sapi betina jenis Metal yang diduga kuat telah digelonggong. Dalam aksinya pelaku tidak sampai menyembelih sapi, namun usai digelonggong dijual lagi dalam kondisi masih hidup,” katanya.(30/05/2017)

Masih menurut penjelasan Sutarto, terbongkarnya kasus ini bermula dari informasi yang diperoleh satgas pangan tentang peraktik penggelonggongan sapi oleh pelaku. Dari informasi tersebut, petugas melakukan penyelidikan. Setelah mendapat cukup bukti, Sabtu (27/5) sekitar pukul 14.30 WIB, petugas melakukan penggerebekan, tepat diamana pelaku sedang menggelonggong sapi, dan hasil informasi tersebut benar adanya.

Selanjutnya pelaku dibawa ke Polres Mojokerto untuk dimintai keterangan lebih lanjut.  “Pemeriksaan sementara peraktik menggelonggong sapi dilakukan sejak 3 tahun lalu. Perhari antara 1 hingga 2 ekor sapi yang digelonggong,” ungkapnya.

Lanjut Sutarto, sementara itu, selain mengamankan pelaku, petugas juga menyita barang bukti terdiri dari selang kecil warna biru panjang sekitar 6 meter, selang besar transparan panjang 1,5 meter.

“Atas perbuatannya, pelaku dijerat dengan pasal 302 KUHP tentang penyiksaan terhadap binatang,” pungkasnya.(elo)