Home / Jatim / Wisata

Senin, 20 Desember 2021 - 13:08 WIB

Selur Terima Penghargaan Anugerah Desa Wisata

Editor - ARSO

Plt Kadisbuparpora Bambang Wibisono serahkan piagam penghargaan anugerah desa wisata kepada Kades Selur Suprapto

Plt Kadisbuparpora Bambang Wibisono serahkan piagam penghargaan anugerah desa wisata kepada Kades Selur Suprapto

Plt Kadisbuparpora Bambang Wibisono serahkan piagam penghargaan anugerah desa wisata kepada Kades Selur Suprapto

PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Sebanyak 16 desa di wilayah Kabupaten Ponorogo mendapatkan penghargaan sebagai Desa Wisata dari Kementerian Pariwisata Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), sepakat meminta Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Pemuda dan Olahraga (Disbudparpora) Kabupaten Ponorogo untuk berperan lebih terhadap desa-desa pelaku wisatawan tersebut.

Pasalnya keenam belas desa-desa pelaku wisata tersebut mengaku, dengan mendapat penghargaan itu justru merupakan suatu beban amanat yang berat. Untuk itu, para Kepala Desa meminta pengawalan atau pendampingan berupa pendanaan, bimbingan dan bantuan promosi dari Disbudparpora Ponorogo.

“Sebenarnya kalau desa wisata itu, tidak semata-mata bagaimana kondisi daya tarik dan potensinya. Tetapi, kelambagaan didalamnya tentu kita berbicara tentang Sumber Daya Manusia untuk mengelola desa wisata itu sendiri, “kata Plt Kadisbudparpora Bambang Wibisono, Senen (20/12).

Baca Juga  Di Kampung Inggris Pare, Ridwan Kamil Mengomentari Wali Kota Kediri sebagai Wali Kota Terganteng di Indonesia

Bambang menambahkan untuk anggaran tidak dalam bentuk cash, akan tetapi dalam bentuk kegiatan. Pihaknya mencontohkan Disbudparpora mengandeng lembaga yang bergerak pada desa wisata.

“Tentu kita kaji dengan potensi dan sebagainya. Apa yang mereka miliki dan apa yang mereka lakukan pada kegiatan berikutnya. Untuk promosi sendiri lanjutnya, desa wisata bisa berkoordinasi dengan Bidang Pemasaran dan Ekonomi Kreatif Disbudparpora, “imbuhnya.

Sementara itu, Kepala Desa Selur, Suprapto yang menerima penghargaan anugerah desa wisata menyampaikan, pihaknya berpendapat pembangunan desa wisata harus diiringi dengan Sumber Daya Alam dan pengembangan Sumber Daya Manusia bagi pelaku desa-desa wisata.

“Untuk di Desa Selur sendiri memiliki sebuah konsep bahwa pembangunan desa wisata harus beriringan dengan SDA dan pengembangan SDM. Kalau itu tidak berjalan maka tidak akan sesuai harapan, “kata Suprapto.

Baca Juga  Dinilai Ingkar Janji Saat Mediasi, Warga Lakarsantri Surabaya Menuntut Keadilan

Suprapto menambahkan, kesiapan masyarakat untuk menjadi pelaku wisata sangatlah penting. Karena apabila kedatangan wisatawan harus memberikan rasa aman nyaman dan terlindungi.

“Terkait kesiapan SDM dalam rangka mengali potensi di Desa Selur, baik berupa pengembangan UMKM yang beriringan dengan potensi alamnya perlu terbangun, sebab jika hanya mengandalkan SDA tanpa didukung pengembangan SDM, termasuk penyangga2 ekonomi lainnya, hal tersebut masih kurang. Sehingga tahapan kita, Desa Selur membranding untuk desa wisata yang berbasis edukasi, sekaligus menyiapkan SDA potensi alam sebagai penyangganya. Kita mengembangkan sudah berjalan kerjasama dengan perguruan tinggi adalah pembangunan pembangkit listrik mikrohidro yang juga Alhamdulillah dengan produk-produk unggulan UMKM dari desa, kemarin di Jakarta kita Desa Selur menerima hadiah
Predikat Produk Unggulan Kawasan Perdesaan (PRUKADES) Terbaik dalam acara Nugraha Karya Desa Brilian, “pungkasnya.(sul)

Share :

Baca Juga

Daerah

Lagi Bank Jatim Raih Penghargaan, Kali ini Indonesia Best Bank 2021

Daerah

Pansel Direksi PT Petrogas Jatim Utama Harus Paham Konsep Intensifikasi Bisnis, Kalau Asal Comot ? Wahhhh.. .

Birokrasi

Tiga Komplotan Pencurian Sepeda Antar Kota Ditangkap Unit Resmob Polrestabes Surabaya

Jatim

Jawaban Eksekutif Atas RPJMD dan Raperda Pengarusutamaan Gender dan Pembentukan Pansus

Jatim

Kunjungi Polres Jombang, Tim STIK Lemdiklat Polri Lakukan Penelitian  Efektivitas  Program ETLE

Jatim

Sakit Lambung Tak Kunjung Sembuh, Kakek di Ponorogo ini Ditemukan Gantung Diri

Jatim

Launching Website PISC, Berikut Pesan dan Harapan Besar Bupati Sugiri

Jatim

Berniat Takjiah ke Kediri, Mobil Elf Asal Ponorogo Terguling di Sampung