JAKARTA, KANALINDONESIA.COM:  Pertandingan sepak bola se-Eropa, Euro Cup 2020 telah dihelat dengan pertandingan perdananya di Grup A, Turki berhadapan dengan tuan rumah Italia di Stadion Olimpico pada Jumat (11/06/2021).

Siapa tahu, meski Euro Cup pertama kali diadakan pada 1960, ternyata turnamen sepak bola untuk negara-negara Eropa ini sudah diusulkan sejak 1927 oleh Sekretaris Jenderal Federasi Sepak Bola Prancis, Henri Delaunay.

Euro Cup atau Piala Eropa, disebut juga Kejuaraan Eropa EUFA, merupakan turnamen sepak bola utama antara tim nasional sepak bola di bawah EUFA yang diadakan setiap empat tahun sekali sejak 1960. Awalnya kejuaraan ini dinamai Piala Negara-Negara Eropa, dan diganti delapan tahun kemudian sejak pertama kali diadakan. Kemudian pada turnamen tahun 1996, penamaan turnamen ini disebutkan pula tahun turnamen, seperti Euro 2012 dan lainnya.

Euro Cup baru terealisasikan setelah lebih dari 30 tahun sebelumnya idenya dicetuskan oleh Delaunay, namun sayangnya Delaunay tak sempat menyaksikan gelaran perdana Piala Eropa lantaran meninggal pada 1955, 5 tahun menjelang turnamen diadakan.

Eropa Cup 1960 diselenggarakan di Prancis, total sebanyak 17 tim yang lolos babak kualifikasi dan dapat berpartisipasi memeriahkan pertandingan perdana Piala Eropa tersebut. Uni Soviet, kini Rusia, keluar sebagai pemenang mengalahkan Yugoslavia dengan kemenangan 2-1 di final yang berlangsung menegangkan di Paris.

Sebelumnya pada perempat final, Timnas Spanyol memilih mengepak koper dan meninggalkan Prancis karena enggan berhadapan dengan Uni Soviet untuk melakukan protes politik. Selain Spanyol, Inggris, Belanda, Jerman Barat dan Italia juga absen dalam gelaran perdana sepak bola se-Eropa itu.

Edisi 1960, yang diselenggarakan di Prancis, memiliki empat tim bersaing di putaran final dari 17 tim yang memasuki babak kualifikasi. Turnamen ini dimenangkan oleh Uni Soviet, mengalahkan Yugoslavia 2-1 di final yang menegangkan di Paris. Spanyol menarik diri dari pertandingan perempat final melawan Uni Soviet karena protes politik. Dari 17 tim yang memasuki babak kualifikasi, negara terkenal yang absen adalah Inggris, Belanda, Jerman Barat dan Italia.

Semua tim harus bersaing di babak kualifikasi sebelum dapat berlaga di babak final, kecuali tim tuan rumah yang otomatis lolos. Negara yang keluar sebagai pemenang berhak mendapat kesempatan bersaing di Piala Konfederasi FIFA yang biasanya diadakan satu tahun sebelum gelaran Piala Dunia.

Dalam rentang waktu 1950 hingga 2016, Euro Cup telah digelar sebanyak 14 kali, dan terhitung 15 kali musim ini. Jerman dan Spanyol masing-masing telah memenangkan Euro Cup sebanyak tiga kali, dan hingga saat ini hanya Spanyol yang berhasil mengamankan titel juara dua kali berturut-turut pada gelaran Euro 2008 dan Euro 2012. Prancis berhasil meraih gelar juara Piala Eropa sebanyak dua kali dan masing-masing satu kali dimenangkan oleh Uni Soviet yang memenangkannya pada turnamen perdana, Belanda, Denmark, Cekoslovaki, Italia, Portugis, dan Yunan.

sumber tempo

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here