Home / Jatim / Lifetrend / Politik

Minggu, 13 Juni 2021 - 07:21 WIB

Santri Harus Melek Politik ? Begini Kata Gus Sentot

Editor - ARSO

JOMBANG, KANALINDONESIA.COM – Salah satu pimpinan asrama di Pondok Pesantren (Ponpes) Darul Ulum (DU) Rejoso Jombang mengharuskan santrinya paham dengan politik.

Ha itu diyakini bahwa selain memiliki ilmu agama, santri juga mempunyai kelebihan di berbagai bidang. Mulai dari profesinya, segi bahasa, etika, dan sosial.

Maka itu M Syarif Hidayatullah atau pria yang kerap disapa Gus Sentot, mengharapkan santrinya di dalam naungan pesantren sudah bisa belajar tahapan memahami perpolitikan.

“Santri harus melek dan faham dengan politik, karena santri pasti akan hidup dan mengahadapi di tengah-tengah masyarakat. Jadi santri harus bergaul dan bisa ditata kembali bahasanya, atau bisa jadi nanti harus bisa bekerja sama dengan komunitas tertentu dalam suatu masyarakat,” ujarnya saat ditemui KANALINDONESIA.COM, Sabtu (12/6/2021).

Baca Juga  Kang Bupati Sugiri Sancoko Resmikan SPBU di Jalan Raya Jabung Mlarak Ponorogo

Hidup ditengah-tengah perpolitikan diperlukan peran santri maupun kiai untuk mewujudkan politik yang Rahmatan Lil Alamin. Kemudian hal itu dipastikan ada di jati diri sosok santri, karena mulai dari masuk pesantren sudah diajarkan ilmu Fiddunya Wal Akhirat.

“Kedepannya mau tidak mau kami membutuhkan peran santri untuk membengun negara ini lebih baik lagi, justru dengan peran santri yang tentram dan berakhlakul karimah. Seperti kalau anggota dewan dipimpin oleh kalangan santri, saya yakin akan mengeluarkan kebijakan yang istilahnya amal makruf nahi munkar,” tutur Gus Sentot.

Baca Juga  Wedang Herbal DIANA, Minuman Kaya Akan Manfaat

Memberikan contoh dari penurunan moral anak muda zaman kini, dalam penjelasan yang dibeberkan menyampaikan bahwa selain memahami perkembangan zaman juga dibutuhkan peran santri di sisi kerohaniannya.

“Maka dari itu saya harap santri ini bisa memahami politik kebangsaan, mulai dari pertemanan hingga ranah pemerintahan. Karena peran santri terhadap politik saya yakin akan menimbulkan suasana yang tentram dan penuh damai,” pungkas Gus Sentot penuh harap.(Faiz)

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Satu Keluarga Bisnis Edarkan Sabu, Ibu Tertangkap, Anak dan Bapak Kabur

Daerah

Kapan Musda Demokrat Jatim Dgelar ?   4 DPC ini Nyatakan Dukung Bayu Airlangga

Jatim

Polsek Babadan Bekuk Maling Motor di Teras Pondok Al Furqon

Jatim

Korban Bunuh Diri dari Atas Jembatan Suramadu, Sudah di Evakuasi

Birokrasi

Jadi Korban Tipu Profesor Gadungan, Eks Kapolda Jatim Beberkan di Persidangan

Birokrasi

Polsek Tambaksari Gerebek Kos Kawasan Banowati Surabaya, 1 Bandar dan 2 Pengedar Diamankan

Birokrasi

Serah Terima Jabatan Komandan Sekolah Lanjutan Perwira Kodiklat TNI AL

Daerah

Jelang Musda Demokrat, Tensi Mulai Meninggi Suasana Mulai Panas !