Punya Masalah Keluarga, Mau Cerai ? Ratusan Konselor Keluarga dari PKS Jatim Siap Beri Pendampingan

- Editor

Senin, 28 Juni 2021 - 23:36 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA KANALINDONESIA.COM : Banyaknya permasalahan keluarga yang berujung pada tingginya kasus perceraian dan narkoba di Jawa Timur membuat DPW PKS Jawa Timur prihatin

Untuk membantu dan mendampingi persoalan ini, PKS Jatim melaunching Program Konsultan Keluarga. DPW PKS Jatim dengan menyiapkan sebanyak 800 konselor keluarga yang siap mendampingi keluarga di 38 kabupaten/kota di Jatim, Ahad (27/6/2021).

Kegiatan yang dilaksanakan melalui kanal Zoom dan Youtube ini digelar setelah sehari sebelumnya menggelar Training for Trainer (TFT) untuk para konselor keluarga yang siap diterjukan untuk mendampingi masyarakat yang sedang membutuhkan pendampingan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Lina Aryani, Ketua Bidang Perempuan dan Ketahanan Keluarga (BPKK) DPW PKS Jatim menyampaikan bahwa sebenarnya program ini sudah berjalan lama di masyarakat, hanya saja launchingnya baru dilaksanakan saat ini.
Ide untuk melaunching Program Konsultan Keluarga ini bermula dari banyaknya curhatan dari masyarakat tentang permasalahan keluarga ketika PKS Jatim menggelar berbagai programnya di berbagai kecamatan dan desa di Jawa Timur.

“Sebenarnya secara tidak langsung, anggota PKS di kecamatan dan desa banyak yang sudah menjadi konselor dari banyak keluarga. Jadi melalui program Rumah Keluarga Indonesia atau RKI, sebenarnya sudah ada layanan ini sebelumnya yang dilakukan oleh seluruh kader PKS di Jawa Timur,” katanya.

Baca Juga :  Siapkan Skema Untuk Menarik Investor ke Jember, Gus Fawait ingin Angka Pengganguran dan Kemiskinan Turun

Program RKI, ia menjelaskan merupakan program dengan banyak kegiatan di masyarakat. Mulai dari pelatihan-pelatihan, pengajian dan tahlil, pelatihan wirausaha, pelatihan pra nikah dan keluarga. “Dari sinilah, kami akrab dengan masyarakat di bawah, hingga banyak yang curhat masalah keluarga dan kita dampingi dan carikan berbagai solusinya,” kata Lina.

Program RKI ini, menurut Lina, sudah berjalan di 666 Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKS di seluruh kecamatan di Jawa Timur, karenanya BPKK PKS Jatim ingin menjadikan program ini lebih serius, dan tertata.

“Kami siapkan betul. Saat ini kami kami siapkan sebanyak 800 konselor keluarga yang sudah mendapatkan pelatihan khusus bagaimana mendampingi dan menjadi solusi dari berbagai permasalahan keluarga. Semoga program ini menguatkan keluarga-keluarga khususnya di Jatim. Keluarga kuat, negara akan kuat,” tegas Lina.
Beberapa layanan dari konsultan keluarga RKI PKS diantaranya layanan pra nikah, keluarga samara, perkembangan anak dan remaja, dan perencanaan karir.

Ketua DPW PKS Jatim Irwan Setiawan berharap dengan program ini, PKS sebagai partai politik bisa memberikan kontribusi yang optimal dalam rangka mewujudkan masyarakat Jatim menjadi menjadi lebih adil dan sejahtera.

“PKS Jatim ingin turut memberikan kontribusi mencarikan jalan keluar dalam pembangunan ketahanan keluarga di Jatim. Bismillah melalui Program launching Konsultan Keluarga ini, BPKK siap memberi kontribusi optimal untuk masyarakat Jatim,” kata pria 45 tahun itu.

Baca Juga :  Terus Diakui Kinerjanya Bank Jatim Dinobatkan Sebagai BUMD yang Inovatif dan Ekspansif

Para konsultan keluarga ini, ia berharap akan turut berikan kontribusi mendampini keluarga di Jatim menjadikan keluarga bahagia yang punya ketahanan keluarga yang kuat, dalam rangka membangun bangsa yang kuat.
Ia kemudian bercerita saat berkunjung menemui Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa beberapa waktu lalu.

“Bu Gubernur saat itu menyampaikan keprihatinannya, karena jumlah perceraian Jatim termasuk yang tertinggi di Jatim yang meningkat saat pandemi. Juga tentang kasus narkoba yang juga tinggi di Jatim. Karenanya, PKS juga akan berkontribusi mengatasi itu,” katanya

Dalam kunjungan ke Gubernur, Irwan menyampaikan jika Gubernur Khofifah menyambut baik tawaran sinergi dan kolaborasi atas program yang disampaikan PKS Jatim dalam program penguatan perempuan dan ketahanan keluarga.

PKS, ia menegaskan, tidak bisa bekerja sendiri dalam membangun masyarakat, perlu bergandengan tangan dengan seluruh unsur yang ada di Jatim. Karenanya di samping mensinergikan kekuatan di dalam partai juga bergandengan tangan dengan seluruh unsur di Jatim, kata Irwan. “Dalam rangka itu, PKS Jatim telah melakukan silaturahim kebangsaan di jajaran Forkopinda, ormas-ormas dan para tokoh di Jatim.”

“Mari bersama-sama untuk memberikan yang terbaik untuk menjadikan Jawa Timur adil dan sejahtera ke depan. Mudah-mudahan program ini dirasakan kemanfaatannya oleh masyarakat Jatim,” harapnya. nang

Berita Terkait

Meski Cuaca Dingin, Ribuan Penonton Tetap Bertahan Saksikan Event Festival Ronthek Pacitan
Brand Momosays Luncurkan Tiket Superfans Laga Kandang Unggul FC Malang
Masuki Tahun Ajaran Baru, Pj Wali Kota Malang Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis
KPU Ponorogo Segera Launching Pilkada 2024, Bakal Hadirkan Guyon Waton
Operasi Patuh Semeru Dimulai 15 hingga 28 Juli 2024, Ini Targetnya
Sepuluh Siswa Dari Jalur Afirmasi Terima Bantuan Seragam Dari Kepala Sekolah Smanew Gresik
Hari Pertama Masuk Sekolah, Ratusan Siswa SDN Tamberuh Belajar Di Gerasi Rumah Warga
PPDB Usai, 1 SD di Ponorogo Tak Dapat Murid Baru Sama Sekali

Berita Terkait

Selasa, 16 Juli 2024 - 18:07 WIB

Meski Cuaca Dingin, Ribuan Penonton Tetap Bertahan Saksikan Event Festival Ronthek Pacitan

Selasa, 16 Juli 2024 - 16:22 WIB

Brand Momosays Luncurkan Tiket Superfans Laga Kandang Unggul FC Malang

Senin, 15 Juli 2024 - 21:46 WIB

Masuki Tahun Ajaran Baru, Pj Wali Kota Malang Serahkan Bantuan Seragam Sekolah Gratis

Senin, 15 Juli 2024 - 16:45 WIB

Operasi Patuh Semeru Dimulai 15 hingga 28 Juli 2024, Ini Targetnya

Senin, 15 Juli 2024 - 16:24 WIB

Sepuluh Siswa Dari Jalur Afirmasi Terima Bantuan Seragam Dari Kepala Sekolah Smanew Gresik

Senin, 15 Juli 2024 - 16:12 WIB

Hari Pertama Masuk Sekolah, Ratusan Siswa SDN Tamberuh Belajar Di Gerasi Rumah Warga

Senin, 15 Juli 2024 - 15:42 WIB

PPDB Usai, 1 SD di Ponorogo Tak Dapat Murid Baru Sama Sekali

Senin, 15 Juli 2024 - 15:17 WIB

Idham Mustofa Terpilih Jadi Ketua PCNU Ponorogo Periode 2024-2029

KANAL TERKINI