Anggota DPR RI Bambang Kristiono Resmikan KUBE Peternak Kambing Cahaya Mandiri di Lombok Tengah

- Editor

Kamis, 29 Desember 2022 - 18:47 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

LOMBOK TENGAH, KANALINDONESIA.COM -Anggota DPR RI dari Dapil NTB 2 (Pulau Lombok) H. Bambang Kristiono atau HBK meresmikan Kelompok Usaha Bersama (KUBE) Peternak Kambing “Cahaya Mandiri” di Desa Pejanggik, Kecamatan Praya Timur, Kabupaten Lombok Tengah. Peresmian KUBE tesebut menjadi ikhtiar nyata dari HBK untuk mewujudkan Food Estate di sektor peternakan yang dipercaya akan meningkatkan penghasilan para petani dan peternak.

Peresmian KUBE tersebut dihadiri oleh Bupati Lombok Tengah HL Pathul Bahri beserta jajarannya, antara lain Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan, Camat Praya Tengah, dan Kepala Desa Pejanggik.

Sementara HBK datang didampingi Sekretaris DPD Partai Gerindra NTB, Ali Usman Ahim, dan dua anggota Dewan NTB dari Lombok Tengah, Lalu Wirajaya dan Lalu Sudiartawan.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Saya akan menjadikan KUBE Peternakan Kambing ini sebagai KUBE andalan. Yang akan mampu mendorong peningkatan taraf hidup para peternaknya,” kata HBK, dalam keterangannya, Kamis (29/12/2022).

HBK dalam kesempatan tersebut menyatakan dengan sepenuh hati bahwa dirinya siap bekerja keras dan menjadi bagian penting dari kelompok KUBE Cahaya Mandiri. Apalagi, ini bukanlah pertama kalinya HBK terlibat dalam membimbing dan membina KUBE yang ada di Pulau Lombok.

Wakil Ketua Komisi I DPR RI ini menuturkan, bahwa dirinya di awal masa jabatannya sebagai Anggota DPR RI, mulai membina KUBE yang bergerak di bidang budidaya jamur putih di Kota Mataram. KUBE tersebut dimulainya dengan sangat sederhana. Tapi beberapa hari yang lalu, dalam kesempatan resesnya, HBK kembali mengunjungi KUBE tersebut.

Dan betapa dirinya sangat takjub dan bahagia, sebab hanya dalam kurun waktu tiga tahun, KUBE usaha jamur tersebut telah berkembang pesat. Bukan hanya mampu menyuplai kebutuhan jamur di Kota Mataram, tapi juga sudah berekspansi dengan mengembangkan usaha yang sama, di Lombok Barat dan Lombok Tengah.

“Saya berharap, KUBE peternakan kambing Cahaya Mandiri juga bisa seperti itu,” kata HBK.

Politisi Partai Gerindra ini ingin menjadikan KUBE Cahaya Mandiri sebagai percontohan dalam pengelolaan peternakan kambing di Pulau Lombok. HBK haqqulyakin, dengan ketekunan para peternak untuk terus belajar, sehingga berbagai keberhasilan akan mewujud. Bahkan, bukan tidak mungkin, desa Pejanggik bisa menjadi salah satu pusat peternakan kambing di Pulau Seribu Masjid.

Tentu saja untuk mencapai keberhasilan tersebut, akan ada banyak tantangan yang harus diatasi. Tapi itu adalah jalan yang harus dilalui oleh para peternak KUBE Cahaya Mandiri untuk bisa menjadi peternak-peternak yang unggul.

Dan HBK sangat senang karena dalam kesempatan tersebut, telah hadir seorang dokter hewan yang siap membimbing dan menjadi sahabat para peternak KUBE Cahaya Mandiri.

Dengan cara itulah, kata HBK, upaya dirinya untuk mendorong terwujudnya program Food Estate di wilayah Pulau Lombok akan dapat dicapai lebih cepat. Ada tiga sektor Food Estate yang bisa dikembangkan di Pulau Lombok yaitu Peternakan, Pertanian, dan Perikanan.

“Ketiga-tiganya itu merupakan keunggulan kompetitip yang sangat potensial untuk dikembangkan. Apalagi masyarakat Pulau Lombok secara turun menurun telah mewarisi tradisi dan kemampuan dalam mengelola sawah, ladang, dan ternak sejak dari nenek moyangnya dulu,” tandas HBK.(dan_kanalindonesia.com)

Berita Terkait

Banjir Belu, NTT Satu Warga Meninggal Terseret Arus
Erupsi Gunung Lewotobi, Lima Ribu Warga Mengungsi
Status Gunungapi Lewotobi Laki-Laki Naik Level IV (AWAS)
BNPB Serahkan Bantuan Penanganan Darurat Bencana Gempa NTT Kepada Pemkab Kupang
Serunya Libur Akhir Tahun di Aruna Senggigi Lombok
Gempa M6.5 Guncang Kabupaten Kupang
Gempa Bumi Susulan M5.0 Guncang Lombok Utara
Gempa Bumi Mag6.5 Guncang Lombok Utara

Berita Terkait

Jumat, 8 Maret 2024 - 08:18 WIB

Banjir Belu, NTT Satu Warga Meninggal Terseret Arus

Kamis, 11 Januari 2024 - 17:58 WIB

Erupsi Gunung Lewotobi, Lima Ribu Warga Mengungsi

Rabu, 10 Januari 2024 - 12:43 WIB

Status Gunungapi Lewotobi Laki-Laki Naik Level IV (AWAS)

Sabtu, 4 November 2023 - 18:35 WIB

BNPB Serahkan Bantuan Penanganan Darurat Bencana Gempa NTT Kepada Pemkab Kupang

Sabtu, 4 November 2023 - 06:56 WIB

Serunya Libur Akhir Tahun di Aruna Senggigi Lombok

Kamis, 2 November 2023 - 08:22 WIB

Gempa M6.5 Guncang Kabupaten Kupang

Selasa, 29 Agustus 2023 - 03:22 WIB

Gempa Bumi Susulan M5.0 Guncang Lombok Utara

Selasa, 29 Agustus 2023 - 03:11 WIB

Gempa Bumi Mag6.5 Guncang Lombok Utara

KANAL TERKINI

KANAL JABAR

Gempa Mag6.5 Guncang Garut

Minggu, 28 Apr 2024 - 00:34 WIB

KANAL MADIUN

SMKN 1 Geger Madiun Gelar Pengukuhan Taruna Angkatan VII

Sabtu, 27 Apr 2024 - 20:10 WIB