Promosikan Industri Kreatif Fesyen, Bank Indonesia Kediri Gelar Sarasehan Tenun Ikat Kediri bersama Media

- Editor

Senin, 20 Februari 2023 - 01:49 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

KEDIRI, KANALINDONESIA.COM: Kantor Perwakilan Bank Indonesia (BI) Kediri menggelar Sarasehan Tenun Ikat Kediri pada acara Ngopi ‘Nda (Ngomongke Inpo Terkini dengan Media) hari ini (17/2) di Showroom Medali Mas, Bandar Kidul, Kota Kediri. Acara ini memiliki tujuan untuk mempromosikan industri kreatif fesyen lokal, yakni tenun ikat Kediri sebagai produk unggulan yang dapat mendukung pariwisata dan menggerakkan ekonomi Kota Kediri, dengan membangun kolaborasi, sinergi, dan komitmen bersama antara BI, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, pelaku UMKM, dan media.

Fesyen sebagai bagian dari Ekonomi Kreatif (Ekraf) merupakan industri yang berkembang pesat dengan permintaan kain dan produk busana jadi yang terus meningkat. Berdasarkan laporan Outlook Ekraf tahun 2020, sub-sektor ini berkontribusi sebesar Rp1.211 triliun terhadap ekonomi nasional. Sementara berdasarkan data Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Ekraf di Kota Kediri pada tahun 2021 tumbuh dua digit (16,65%) dibandingkan dengan tahun 2020. Pertumbuhan menggembirakan ini turut didorong oleh sinergi antara BI dengan Kementerian/Lembaga di tingkat pusat, Pemerintah Kota (Pemkot) Kediri, Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda), dan pelaku UMKM sehingga dapat menghasilkan beragam inovasi yang bermanfaat demi membangun dan memperkokoh industri kreatif fesyen Kota Kediri.

Dukungan terhadap sektor riil, khususnya pengembangan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM), menjadi penting dan strategis demi mendorong percepatan Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN) pasca pandemi Covid-19. Struktur ekonomi Indonesia menunjukkan bahwa UMKM memberikan sumbangan besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) sebesar 61,1%, menyerap tenaga kerja hingga 97,1%, dan mendukung ekspor sebesar 14,4%. BI Kediri bersinergi dengan berbagai pihak menyelenggarakan beragam program pengembangan UMKM di bidang fesyen berupa pelatihan, pendampingan, dan pemberian bantuan di sisi hulu hingga hilir, agar dapat terus berkembang dan naik kelas.

Kepala Perwakilan BI Kediri, Moch. Choirur Rofiq, menyampaikan, “Pada tahun 2022, BI Kediri bersama Pemkot Kediri telah memberikan pelatihan dan pendampingan kepada pelaku UMKM dan pengrajin tenun ikat Kediri yang tergabung dalam Koperasi Bankid Berkah Kediri. Kami memberikan dukungan hulu maupun hilir, memfasilitasi pelatihan teknis desain dan produksi, serta promosi pada event seperti Dhoho Street Fashion (DSF) dan Jakarta Fashion Trend 2023, bekerjasama dengan desainer berpengalaman, Wignyo Rahadi, agar tenun ikat Kediri bisa sama bagus dan dikenal seperti tenun daerah lain. Kuantitas dan kualitas produksi, motif khas Kediri, serta strategi harga bisa kita kembangkan lagi”.

Pada kesempatan yang sama, Asisten Daerah Bidang Perekonomian dan Pembangunan Kota Kediri, Ferry Djatmiko, menuturkan, “Pembangunan bandara dan tol menjadi peluang sekaligus tantangan untuk Kota Kediri. Maka kita dorong agar Kota Kediri dapat menjadi kota jasa dan pariwisata. Bandar Kidul dengan sentra produksi tenun ikat-nya dan penguatan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) bisa menambah kesejahteraan masyarakat”.

Turut hadir Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Kediri, Chevy Ning Suyudi, menambahkan, “Pemkot Kediri menginisiasi program Kampung Keren untuk menangkap peluang pembangunan bandara dan tol. Saat ini kita batasi agar kelurahan yang mengajukan diri menjadi Kampung Keren bisa jelas dulu program-programnya. Bandar Kidul dan kawasan sekitar GOR Joyoboyo kita siapkan menjadi desa wisata dengan kerjasama pentahelix: pemerintah, industri/swasta, komunitas, akademisi, dan media”.

Baca Juga :  Diduga Bunuh Diri, Pemuda Desa Blumbungan Tewas Bersimbah Darah

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian (Disperdagin) Kota Kediri, Tanto Wijohari, turut menyampaikan, “Kami mengusulkan kembali Bandar Kidul menjadi Desa Devisa ke Lembaga Pembiayaan Ekspor Indonesia (LPEI). Tenun Bandar Kidul juga sudah aman Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)-nya. Pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) kepada pengrajin tenun ikat juga kami upayakan berkolaborasi dengan program ketenagakerjaan“.

Ketua Koperasi Bankid Berkah Kediri sekaligus owner Tenun Bandoel, Erwin Wahyu Nugroho, menyampaikan, “Kami sangat berterima kasih dengan dukungan dari BI Kediri dan Pemkot Kediri selama ini. Kami sangat bangga, karena atas dukungan tersebut, tenun ikat Kediri dari Bandar Kidul telah dikenakan sebagai seragam oleh Presiden Joko Widodo bersama menteri-menteri kabinetnya pada Oktober 2022 yang lalu”.

Selain BI dan Pemkot Kediri, acara sarasehan turut dihadiri oleh 36-an wartawan dari berbagai media di Kediri serta para anggota koperasi dan pengrajin tenun ikat Bandar Kidul. Berbagai masukan dan usulan disampaikan oleh awak media maupun anggota koperasi Bankid Berkah Kediri pada sesi diskusi. Ide-ide kreatif promosi wisata Kediri dan pengembangan tenun ikat Kediri bermunculan. Harapannya dengan kolaborasi, sinergi, dan komitmen pentahelix, baik BI, Pemkot Kediri, koperasi, dan media dapat memajukan tenun ikat Kediri go international.

 

Berita Terkait

Update Longsor dan Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Warga Meninggal Dunia
Diduga Buang Limbah Sembarangan, Ketua LSM Gempar Laporkan CV Langgeng Sejahtera ke APH
Motor Korban Tenggelam di Driyorejo Ditemukan, Diduga Korban Terseret Arus
Klarifikasi AFCO dari Berita Sidak PJ Bupati Jombang Temukan Mamin Kadaluarsa
Ancaman AI Terhadap Stabilitas Ketenagakerjaan, Begini Kata Pakar Unair
Musim Hajatan Pascalebaran, Jasa Dekorasi Lamaran dan Nikahan di Jombang Banjir Pesanan
Polda Jatim Tahan 2 Petinggi PT MBS, Kasus Tipu Gelap Kerugian Senilai Rp 11 Miliar
Jelang Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024, Khofifah : Insya Allah Prabowo-Gibran Menang

Berita Terkait

Sabtu, 20 April 2024 - 09:53 WIB

Update Longsor dan Lahar Dingin di Wilayah Gunung Semeru, 3 Warga Meninggal Dunia

Sabtu, 20 April 2024 - 09:44 WIB

Diduga Buang Limbah Sembarangan, Ketua LSM Gempar Laporkan CV Langgeng Sejahtera ke APH

Jumat, 19 April 2024 - 20:06 WIB

Motor Korban Tenggelam di Driyorejo Ditemukan, Diduga Korban Terseret Arus

Jumat, 19 April 2024 - 20:02 WIB

Klarifikasi AFCO dari Berita Sidak PJ Bupati Jombang Temukan Mamin Kadaluarsa

Jumat, 19 April 2024 - 16:36 WIB

Ancaman AI Terhadap Stabilitas Ketenagakerjaan, Begini Kata Pakar Unair

Jumat, 19 April 2024 - 13:45 WIB

Musim Hajatan Pascalebaran, Jasa Dekorasi Lamaran dan Nikahan di Jombang Banjir Pesanan

Jumat, 19 April 2024 - 12:30 WIB

Polda Jatim Tahan 2 Petinggi PT MBS, Kasus Tipu Gelap Kerugian Senilai Rp 11 Miliar

Jumat, 19 April 2024 - 12:03 WIB

Jelang Putusan MK Terkait Sengketa Pilpres 2024, Khofifah : Insya Allah Prabowo-Gibran Menang

KANAL TERKINI

KANAL PERISTIWA

Koops Habema Berhasil Lumpuhkan OPM yang Serang Pos Paro

Sabtu, 20 Apr 2024 - 06:32 WIB