Kolaborasi Hotel dan Media Tingkatkan Geliat Pariwisata di Indonesia

- Editor

Minggu, 7 Mei 2023 - 08:18 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA – Geliat industri perhotelan di Tanah Air pasca pandemi Covid-19 sangat menggembirakan. Ini terlihat dari maraknya suasana berbuka puasa di sejumlah hotel di Jawa Timur, terutama di Kota Surabaya selama bulan Ramadan.

Program paket berbuka puasa di hampir semua hotel di Kota Surabaya dipenuhi masyarakat, baik perorangan, bersama keluarga, maupun perusahaan-perusahaan yang mengadakan acara berbuka puasa bersama para karyawannya.

Kondisi ini tentu menjadi angin segar bagi dunia perhotelan setelah dua tahun lamanya sepi tamu karena pandemi Covid-19.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Gempuran pandemi Covid-19 menjadi masa yang cukup berat bagi dunia perhotelan. Bahkan di Bali banyak hotel yang kolaps hingga harus dijual. Sekarang sudah agak membaik,” jelas Ketua Umum Perhimpunan Hotel dan Media Indonesia (PHMI), Arief Rahman usai acara Halal Bihalal PHMI di Moscha Hotel Surabaya. Rabu, (03/5/2023) sore.

Arief menyatakan, transisi pandemi ke endemi ini mulai ada perkembangan menggembirakan.
Hal positif tersebut, kata Arief harus terus ditingkatkan para pengelola hotel agar dapat bertahan di tengah persaingan.

Menurut Arief, salah satu cara yang dapat dilakukan pengelola hotel untuk dapat terus bertahan adalah dengan meyakinkan publik bahwa kondisi saat ini sudah membaik sehingga tidak ada kekhawatiran untuk menginap ataupun staycation di hotel.

Baca Juga :  Siswa Jatim Terbanyak Nasional Diterima PTN Tanpa Tes Tahun 2024, Khofifah: Format Peningkatakan Kualitas Pendidikan Jatim Sudah On The Right Track

Arief mengungkapkan untuk dapat menyakinkan publik bisa dilakukan dengan adanya review yang baik terkait hotel yang bersangkutan. Dan untuk memunculkan review positif ini bisa dilakukan dengan menggandeng media.

“Orang saat ini (memilih hotel) itu kan basisnya melihat rating, review, dan rekomendasi. Media mempunyai peran untuk memberikan rekomendasi hotel mana yang bisa dipilih untuk menginap atau staycation. Misalnya media membahas tentang keunikan hotel, servis excellent, dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Arief berharap, kolaborasi hotel dan media melalui PHMI dapat meningkatkan industri pariwisata di Tanah Air yang sempat mati suri saat pandemi Covid-19.

PHMI sendiri saat ini memiliki anggota sekitar 80 hotel berbintang yang tersebar di Jawa Timur, Jawa Tengah, dan Bali. Untuk keanggotaan media ada sekitar 30an yang terdiri dari media cetak, online, dan radio, serta televisi.

Acara yang didukung sepenuhnya oleh manajemen Moscha Hotel Surabaya dan Infinix tersebut dihadiri para general manager dan hotel manager serta sejumlah pemimpin media Surabaya.

Di kesempatan tersebut juga diperkenalkan kepengurusan DPP PHMI periode 2022-2026, serta PHMI DPD Jawa Timur periode 2023-2027.

“Selanjutnya kami akan meresmikan kepengurusan PHMI DPD Jawa Tengah, Yogyakarta, Bali, dan Jakarta,” lugas Arief.

Acara silaturahmi para pimpinan hotel dan media tersebut kian seru ketika masuk acara pengumuman lomba penulisan berita promo Ramadan. Juara 1, 2, dan 3 masing-masing Heti Palestina Yunani (Harian DisWay), Masruroh (kumparan.com), dan Arianto Deni Candra Kurniawan / Goder (jatim.telusur.co.id). Para pemenang tersebut mendapat hadiah voucher staycation di Arcadia by Horison, Aria Centra Surabaya, dan Hotel Kokoon Surabaya.

Baca Juga :  Dukung Penuh Pengembangan Wakaf, Bank Jatim Tandatangani LOI dengan Badan Wakaf Indonesia

Di posisi berikutnya ada Nur Ika Anisa (jatim.tribunnews.com) dan Bambang Wiliarto (pawartajatim.com) masing-masing sebagai Juara 4 dan Juara 5 dengan hadiah berupa voucher staycation di Hotel Yello Jemursari dan Hotel Kokoon Surabaya.

Selain itu, M Zainuddin (kanalsembilan.net) dan Anggi (blitzfemale.com) menang untuk katagori penulis berita terbanyak selama bulan Ramadan. Keduanya mendapat hadiah berupa voucher FnB dari Hotel Namira Syariah. Tim juri DPP PHMI juga memilih 10 nominator yang mendapat hadiah dari Infinix.

Sekjen DPP PHMI, Firman S. Permana menambahkan, lomba-lomba penulisan berita ini bentuk apresiasi terhadap kinerja jurnalistik khususnya dalam upaya mendukung industri perhotelan.

Di sisi lain, kata Firman, lomba penulisan berita tersebut juga diharapkan menjadi pemicu jurnalis terus meningkatkan kualitas tulisan mereka.

“Tulisan-tulisan yang enak dibaca tentu makin menarik perhatian publik sehingga tentu berpengaruh juga untuk menggiring masyarakat untuk menentukan mau staycation di hotel mana,” GM Surabaya Suites Hotel ini. (ari)

Berita Terkait

Sukses Tingkatkan Reputasi Perusahaan, Bank Jatim Raih Peringkat Platinum pada Ajang ICCA Awards 2024
Seleksi CPNS dan PPPK Ponorogo 2024, BKPSDM: Kuotanya Gelondongan dan Fresh Graduate Bisa Daftar
Empat dari 5 Komisioner KPU Ponorogo Incumbent Calonkan Diri Kembali, Ini Alasanya
Antisipasi Rumah Dibobol Maling, Polisi di Ponorogo Himbau Ini
Dukung Penuh Pengembangan Wakaf, Bank Jatim Tandatangani LOI dengan Badan Wakaf Indonesia
Buntut Protes Warga Dusun Grompol Cairkan CSR, Warga yang Lain Meminta PT SJA Ditutup
Masuk Hari ke-17 Bulan Ramdhan, Srikandi PLN Bagikan Takjil pada Masyarakat
Tutup Pesantren Ramadhan Balita Muslimat NU se-Indonesia, Khofifah: Ikhtiar Bangun Karakter Generasi Bangsa Yang Sholih-Sholihah

Berita Terkait

Jumat, 29 Maret 2024 - 15:41 WIB

Sukses Tingkatkan Reputasi Perusahaan, Bank Jatim Raih Peringkat Platinum pada Ajang ICCA Awards 2024

Jumat, 29 Maret 2024 - 14:39 WIB

Empat dari 5 Komisioner KPU Ponorogo Incumbent Calonkan Diri Kembali, Ini Alasanya

Jumat, 29 Maret 2024 - 13:59 WIB

Antisipasi Rumah Dibobol Maling, Polisi di Ponorogo Himbau Ini

Jumat, 29 Maret 2024 - 12:16 WIB

Dukung Penuh Pengembangan Wakaf, Bank Jatim Tandatangani LOI dengan Badan Wakaf Indonesia

Kamis, 28 Maret 2024 - 21:13 WIB

Buntut Protes Warga Dusun Grompol Cairkan CSR, Warga yang Lain Meminta PT SJA Ditutup

Kamis, 28 Maret 2024 - 20:34 WIB

Masuk Hari ke-17 Bulan Ramdhan, Srikandi PLN Bagikan Takjil pada Masyarakat

Kamis, 28 Maret 2024 - 15:52 WIB

Tutup Pesantren Ramadhan Balita Muslimat NU se-Indonesia, Khofifah: Ikhtiar Bangun Karakter Generasi Bangsa Yang Sholih-Sholihah

Kamis, 28 Maret 2024 - 14:24 WIB

Dua Rumah di Ponorogo Dibobol Maling dalam Seminggu, Puluhan Juta Raib

KANAL TERKINI

KANAL GADGET

Hp Infinix Note 30 Pro Beserta Spesifikasinya

Jumat, 29 Mar 2024 - 18:28 WIB

KANAL TRAVEL

Pantauan Libur Panjang Wafat Isa Al Masih, di Daop 7 Madiun

Jumat, 29 Mar 2024 - 18:14 WIB