Gubernur Khofifah Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila 2023

- Editor

Minggu, 1 Oktober 2023 - 15:45 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA, KANALINDONESIA.COM: Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, memimpin Upacara Hari Kesaktian Pancasila tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Minggu (1/10/2023).

Gubernur Khofifah menyebut, peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, bukan sekadar momen untuk bangkit. Tetapi juga penguatan terhadap upaya terwujudnya Indonesia Emas 2045. Berdaulat, maju, adil dan makmur.

Menurutnya, upaya mewujudkan cita-cita Indonesia Emas pada 2045 mendatang bisa dimulai dari sekarang dengan meneladani nilai-nilai yang terkandung di dalam Pancasila.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Hal ini karena Pancasila merupakan paket lengkap untuk melawan berbagai ancaman yang dapat merusak kesatuan dan memperlambat kemajuan suatu bangsa. 

“Hari Kesaktian Pancasila sekali lagi mengingatkan kita bahwa Pancasila merupakan pemersatu bangsa. Ini sejalan dengan tema Hari Kesaktian Pancasila tahun ini. Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju,” tutur Gubernur Khofifah usai menjadi Inspektur Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023 di Gedung Negara Grahadi Surabaya.

Pancasila disebut hadir sebagai kekuatan untuk melawan berbagai ancaman terhadap keutuhan dan persatuan bangsa. “Tanpa keutuhan dan persatuan itu, tentu cita-cita Indonesia Emas 2045 tidak akan bisa tercapai,” imbuhnya.

Baca Juga :  Pilbup Jember PPP Pilih Beri Rekom Gus Fawait

Gubernur mengatakan, berbagai upaya terus dilakukan untuk menjadikan Jatim tetap harmoni dalam kerukunan. Hasilnya, saat ini, Provinsi Jawa Timur telah mencapai Indeks Kerukunan Umat Beragama (KUB) sebesar 77,8% pada tahun 2021. Capaian tersebut lebih tinggi dibandingkan dengan Indeks KUB secara nasional yaitu 72,9%.

Lebih lanjut ia juga mengingatkan. Bahwa tantangan untuk menuju Indonesia Emas 2045 tidaklah mudah. Untuk itu, diperlukan kerja keras dan kesungguhan hati, bukan hanya dari pemerintah, tetapi juga seluruh masyarakat, untuk memahami serta mengamalkan nilai-nilai Pancasila. 

Pancasila yang mengandung nilai Ketuhanan, Kemanusiaan, kesatuan, permusyawaratan dan keadilan diharapkan bisa diamalkan oleh setiap warga bangsa.

Selain mampu melewati Pandemi Covid-19, ekonomi Jawa Timur terus mengalami pertumbuhan. Tercatat pada Triwulan II-2023 terhadap Triwulan I-2023 ekonomi Jatim mengalami pertumbuhan sebesar 2,66 persen (q-to-q).

“Keberhasilan Jatim dalam melewati Pandemi Covid-19 lalu, adalah bukti bahwa kesatuan, kerukunan  adalah kekuatan bangsa,” pesannya. 

Baca Juga :  PKS Jatim Serahkan SK DPP untuk Ony Anwar dan Maidi di Kabupaten Ngawi dan Kota Madiun

Gubernur Khofifah mengajak seluruh elemen masyarakat memahami dan menghayati Pancasila dengan mengamalkan sila-silanya dalam kehidupan sehari-hari. 

“Selamat Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023. Semoga api Pancasila tidak pernah mati. Nilai-nilainya meresap sampai ke hati, diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Bukan sekadar slogan dan jargon tanpa arti. Tetapi harus diimplementasikan di seluruh negeri,” ujar Gubernur Khofifah.

“Semangat itulah yang harus terus kita perkuat, agar Jatim bisa terus menjadi Provinsi terdepan guna mendukung cita-cita Indonesia Emas 2045,” pungkasnya

Nampak hadir diupacara pagi tadi,  Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak, Ketua DPRD Jatim, Forkopimda dan jajaran Organisasi Perangkat Daerah Jatim.

Hari kesaktian pancasila berkaitan dengan G30S/PKI yang terjadi 30 September 1965. Maka kegiatan hari ini merupakan wujud penghormatan terhadap seluruh pahlawan yang gugur dalam menjalankan tugas melindungi Pancasila.

Upacara dimeriahkan dengan pertunjukan Drama Teatrikal bertajuk Pancasila Sang Pemersatu Bangsa. Dibawakan oleh 150 orang dari gabungan sanggar tari di Jawa Timur di bawah naungan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Jatim.

Berita Terkait

KPU Ponorogo Segera Launching Pilkada 2024, Bakal Hadirkan Guyon Waton
Operasi Patuh Semeru Dimulai 15 hingga 28 Juli 2024, Ini Targetnya
Sepuluh Siswa Dari Jalur Afirmasi Terima Bantuan Seragam Dari Kepala Sekolah Smanew Gresik
Hari Pertama Masuk Sekolah, Ratusan Siswa SDN Tamberuh Belajar Di Gerasi Rumah Warga
PPDB Usai, 1 SD di Ponorogo Tak Dapat Murid Baru Sama Sekali
Idham Mustofa Terpilih Jadi Ketua PCNU Ponorogo Periode 2024-2029
Terus Diakui Kinerjanya Bank Jatim Dinobatkan Sebagai BUMD yang Inovatif dan Ekspansif
Pilbup Jember PPP Pilih Beri Rekom Gus Fawait

Berita Terkait

Senin, 15 Juli 2024 - 17:16 WIB

KPU Ponorogo Segera Launching Pilkada 2024, Bakal Hadirkan Guyon Waton

Senin, 15 Juli 2024 - 16:45 WIB

Operasi Patuh Semeru Dimulai 15 hingga 28 Juli 2024, Ini Targetnya

Senin, 15 Juli 2024 - 16:24 WIB

Sepuluh Siswa Dari Jalur Afirmasi Terima Bantuan Seragam Dari Kepala Sekolah Smanew Gresik

Senin, 15 Juli 2024 - 15:42 WIB

PPDB Usai, 1 SD di Ponorogo Tak Dapat Murid Baru Sama Sekali

Senin, 15 Juli 2024 - 15:17 WIB

Idham Mustofa Terpilih Jadi Ketua PCNU Ponorogo Periode 2024-2029

Senin, 15 Juli 2024 - 09:23 WIB

Terus Diakui Kinerjanya Bank Jatim Dinobatkan Sebagai BUMD yang Inovatif dan Ekspansif

Senin, 15 Juli 2024 - 02:54 WIB

Pilbup Jember PPP Pilih Beri Rekom Gus Fawait

Minggu, 14 Juli 2024 - 21:17 WIB

Plt. Bupati Sidoarjo Dorong UMKM Warga Perum Citra Tropodo, Kucurkan Kredit dengan Suku Bunga Rendah

KANAL TERKINI