Pengamat Menilai Keputusan Menyandingkan Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar adalah Obyektif, Berani dan Strategis

- Editor

Kamis, 19 Oktober 2023 - 14:08 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

SURABAYA KANALINDONESIA.COM – Pengamat politik dan peneliti senior SSC Ikhsan Rosidi menilai keputusan menyandingkan Mahfud MD sebagai Cawapres Ganjar sebgai sebuah langkah obyektif, strategis dan berani.

Obyektif, karena Mahfud MD yang selama disebut-sebut sebagai salah satu tokoh yang layak menjadi salah satu cawapres di Indonesia. dari survey yang dilakukan SSC di Jatim nama Mahfud MD konsisten mendapat angka yang tak terkejar oleh nama tokoh lainnya

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

“Sejauh ini berdasarkan rilis hasil survei berbagai lembaga survei nasional maupun lokal, secara konsisiten menunjukkan tingkat elektabilitas yang relatif tinggi, bahkan di Jawa Timur angka elektabilitas Mahfud MD membubuhkan tren selalu tak terkejar sebagai Cawapres most favorite bagi warga Jawa Timur,” kata Ikhsan, Kamis (19/10/2023).

Ikhsan menjelaskan sosok Mahfud MD dalam persepsi publik adalah representasi kuat dari pemilih Jawa Timur dan segmen pemilih Nahdliyin (NU) serta kelompok pemilih GusDurian, “Sehingga, dengan 3 fakta ini Mahfud MD diharapkan dapat menutup kekurangan elektoral Ganjar Pranowo di Jawa Timur, yang dianggap sebagai wilayah pertarungan terpenting (battle ground) dalam kontestasi Pilpres 2024 nanti,” tambahnya.

Ikshan juga menilai langkah dan Keputusan Megawati adalah sangat strategis. Ketum PDIP ini menunjukkan betapa ia memahami betul bahwa saat ini Mahfud MD adalah salah satu tokoh nasional yang punya kapasitas untuk diterima oleh semua pihak dan semua kalangan, dengan berbagai latar belakang demografis sehingga memudahkan dalam berkampanye.

Baca Juga :  Kajati Jatim Kecewa Hakim Vonis Bebas Anak Politikus PKB

“Megawati paham betul bahwa Mahfud MD dikenal sebagai tokoh lintas dalam banyak hal. Tokoh lintas ideologi, tokoh lintas agama, tokoh lintas generasi, lintas pendidikan dan tokoh lintas kelompok. Sehingga secara strategis, dalam rangka kontestasi Pilpres 2024 nanti akan lebih mudah bagi PDI-P dan koalisinya untuk menghadirkan dan mengkampanyekan sosok Mahfud MD pada semua segmen pemilih, dimana saja dan kapan saja,” ungkapnya.

Secara penerimaan, menurut Ikhsan Mahfud MD adalah sosok yang kuat pada jaringan elit, kelas menengah dan intelektual namun juga sangat populer di masyarakat akar rumput. Bahkan di kalangan pemilih milenial sekalipun. “Ini didasarkan karena Mahfud MD sangat populer karena keberaniannya selama ini dalam menyuarakan disparitas sosial di Indonesia, anti korupsi dan keadilan hukum. Sementara yang kurang bisa menerima Mahfud MD mungkin hanya politisi dan pejabat korup serta konglomerat nakal,” katanya

Point berikut yaitu Keputusan berani. Menurut Ikhsan, sebagian publik menilai bahwa selama ini salah satu kekurangan Mahfud MD yang menghambat dirinya untuk melaju sebagai salah satu cawapres adalah fakta bahwa Mahfud MD adalah bukan kader salah satu partai dan dianggap tidak memiliki “logistik” yang cukup untuk membiayai ongkos kontestasi Pilpres. “Disini Megawati dengan percaya diri menabrak anggapan ini dan sebaliknya justru merubah kekurangan ini menjadi kelebihan. Posisi Mahfud MD yang tidak berpartai dan minim logistik justru akan menempatkannya pada posisi yang independen dan tidak tersandera oleh titipan kepentingan pihak manapun baik kepentingan parpol maupun pemodal. Hal ini sekaligus juga menunjukkan bahwa Mahfud MD dapat dikategorikan sebagai tokoh hebat yang dipilih semata-mata karena pertimbangan rekam jejak kapasitas, kapabilitas, dan integritas yang telah teruji, bukan karena pertimbangan lobby partai dan kecukupan logistik pemilu,” kupas Ikhsan.

Baca Juga :  Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber

Apapun bagi Ikhsan, dalam ekosistem politik nasional Mahfud MD adalah fenomena. Tokoh yang tidak dengan sengaja bersusah payah membentuk citra diri (self image) dengan framing opini, namun citra tersebut melekat dengan sendirinya seiring dengan kiprah dan sepak terjangnya.

“Mahfud adalah Tokoh yang sejak era reformasi sering menjadi pilihan untuk menduduki kursi menteri meskipun presidennya berganti. Tokoh yang dalam gelaran Pemilu 2019 yang lalu juga disebut sebagai kandidat terkuat cawapres bagi Jokowi, namun terganjal pada detik-detik akhir penentuan karena lobby politik. Tokoh yang pernah menjadi ketua tim pemenangan salah satu capres, yang pada kesempatan pertama dengan legawa dan gentleman langsung mengakui kekalahan saat capresnya kalah. Tokoh yang mewarnai terang redup politik nasional dengan karakter berani dan kelugasannya Sehingga pilpres 2024 nanti adalah ladang pembuktian bagi dirinya dan bagi kualitas demokrasi di Indonesia. Menarik untuk kita tunggu,” pungkasnya. Nang

Berita Terkait

BBK 4 UNAIR dan UPT SD Negeri 230 Gresik, Sinergi untuk Kreativitas Disiplin, dan Kebersihan
13 Calon Kepala Daerah di Jatim Terima Surat Maju Pilkada 2024
Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber
Partai Golkar Resmi Usung Sugiri-Lisdyarita dalam Pilbup 2024 Ponorogo
Ulah Pemborong Nakal, Pembangunan Gedung Berlantai 2 SMPN 1 Bangkalan Mangkrak
Seorang Perangkat Desa di Ponorogo Jadi Tersangka Gara-gara Selewengkan Dana Desa
BPBD Tetapkan Ponorogo Siaga Kekeringan dan Karhutla
Usai Vonis Bebas Terdakwa Kasus Pembunuhan, PN Surabaya Dapat Kiriman Karangan Bunga “Atas Matinya Keadilan”

Berita Terkait

Sabtu, 27 Juli 2024 - 08:15 WIB

BBK 4 UNAIR dan UPT SD Negeri 230 Gresik, Sinergi untuk Kreativitas Disiplin, dan Kebersihan

Sabtu, 27 Juli 2024 - 04:49 WIB

13 Calon Kepala Daerah di Jatim Terima Surat Maju Pilkada 2024

Sabtu, 27 Juli 2024 - 04:43 WIB

Gus Fawait Terima Surat Tugas dari Golkar Maju Pilkada Jenber

Jumat, 26 Juli 2024 - 17:29 WIB

Partai Golkar Resmi Usung Sugiri-Lisdyarita dalam Pilbup 2024 Ponorogo

Jumat, 26 Juli 2024 - 16:22 WIB

Ulah Pemborong Nakal, Pembangunan Gedung Berlantai 2 SMPN 1 Bangkalan Mangkrak

Jumat, 26 Juli 2024 - 13:18 WIB

Seorang Perangkat Desa di Ponorogo Jadi Tersangka Gara-gara Selewengkan Dana Desa

Jumat, 26 Juli 2024 - 12:43 WIB

BPBD Tetapkan Ponorogo Siaga Kekeringan dan Karhutla

Jumat, 26 Juli 2024 - 11:54 WIB

Usai Vonis Bebas Terdakwa Kasus Pembunuhan, PN Surabaya Dapat Kiriman Karangan Bunga “Atas Matinya Keadilan”

KANAL TERKINI