Komisi A DPRD Jatim Minta ASN Netral dalam Pemilu 2024

Editor : ANANG - Rabu, 17 Januari 2024 - 20:03 WIB

SURABAYA KANALINDONESIA. COM – Makin dekatnya pelaksanaan Pemilu 2024, yang tinggal 1 bulan lagi, Komisi A DPRD Jatim menyoroti netralitas ASN.
Ketua Komisi A DPRD Jatim Adam Rusydi mengingatkan sekaligus berharap agar Aparatur Sipil Negara (ASN) di Jatim untuk tetap menjaga netralitas menjelang pemilu nanti.
Politisi Golkar ini mengaku saat ini belum ada laporan yang masuk ke Komisi A DPRD Jatim terkait keberpihakan ASN pada salah satu calon yang berlaga di Pemilu 2024.

“Meskipun begitu kami berharap ASN tetap menjaga netralitasnya hingga pemilu 2024 selesai pada 14 Februari mendatang,” tegas Adam dikonfirmasi di DPRD Jatim, Selasa (16/1/2024).

Baca Juga :  Dikeluhkan Warga, Kang Giri Sebut Ujicoba Lingkar Delapan Emas Ponorogo Program Bagus-kanalindonesia

Adam mengingatkan, untuk menjaga netralitas ASN Pemerintah telah menerbitkan Surat Keputusan Bersama (SKB) tentang Pedoman Pembinaan dan Pengawasan Netralitas Pegawai Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam Penyelenggaraan Pemilihan Umum (Pemilu). Dimana ASN harus netral seperti yang diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN yang menegaskan bahwa ASN dilarang menjadi anggota dan/atau pengurus partai politik.

Baca Juga :  Pohon Tumbang Timpa Rumah Lansia, DLH Ponorogo Buka Suara-kanalindonesia

ASN pun diamanatkan untuk tidak berpihak dari segala bentuk pengaruh manapun dan tidak memihak kepada kepentingan siapapun. “Saya yakin ASN di Jatim ini sudah profesional dan tidak perlu diragukan lagi sikap netralitasnya.Namun apabila ada pelangaran – pelanggaran yang ditemukan tidak netral di pemilu pihak komisi A DPRD Jatim siap melakukan teguran keras sesuai aturan yang berlaku. Maka itu pihaknya mengimbau sekali lagi untuk ASN menjaga netralitasnya,” pungkas. Nang

Share :

Baca Juga

KANAL PENDIDIKAN

Talkshow Kudengar Radio USM Jaya, Fatkhurozi : Dengan Speak Up, Membantu Mengurangi Jumlah Pelaku Kekerasan Seksual

KANAL JABAR

BNPB Serahkan Dukungan Penanganan Angin Puting Beliung Kabupaten Bandung-kanalindonesia
SUNARTO ketua DPRD Ponorogo

KANAL JATIM

Tanggapi Keluhan Masyarakat, DPRD Ponorogo Pertanyakan Kajian Akademis dan Dampak Pemberlakukan Satu Arah di Beberapa Jalan Protokol

KANAL JATIM

Jika Ada Temuan Kecurangan Dalam Pemilu 2024, Lapor Bawaslu RI atau ke MK -kanalindonesia

KANAL HUKUM

Polda Jateng Amankan 52 Kg Sabu dan 35.000 Ekstasi-kanalindonesia

KANAL JATIM

Ning Sasha Ajak Orang Tua Dukung Sub PIN Polio Putaran Kedua -kanalindonesia

KANAL KEDIRI

Usung Tema Aktivis Preuner, Pengurus DPD KNPI Kota Kediri Resmi Dilantik-kanalindonesia

KANAL KEDIRI

Jaring Aspirasi Anak, Pemerintah Kota Kediri Adakan Musrenbang Tematik Anak-kanalindonesia