Bantuan Kemanusiaan RI untuk Sudan Tiba di Port Sudan

- Editor

Kamis, 4 April 2024 - 17:19 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

PORT SUDAN, KANALINDONESIA.COM: Setelah menempuh penerbangan selama kurang lebih 10 jam, bantuan kemanusiaan Pemerintah Republik Indonesia (RI) untuk Pemerintah Republik Sudan tiba di Port Sudan, Kamis (4/3). Pesawat berbadan lebar Garuda Indonesia tipe Airbus A330-200 yang membawa bantuan beserta delegasi Indonesia tersebut mendarat mulus di Bandara Internasional Port Sudan pada pukul 08.45 waktu setempat atau pukul 13.45 WIB.

Pengiriman bantuan ini dilakukan atas perintah Presiden Joko Widodo yang kemudian dibahas dalam Rapat Tingkat Menteri (RTM) di Kantor Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Selasa (26/3). Dari keputusan rapat itu, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) ditunjuk untuk melaksanakan misi kemanusiaan tersebut di bawah koordinator Kemenko PMK bersama Kementerian Luar Negeri (Kemenlu) dan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Adapun misi pengiriman bantuan kemanusiaan RI untuk Sudan ini dipimpin oleh Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Mayjen TNI Fajar Setyawan, yang ditunjuk oleh Kepala BNPB Letjen TNI Suharyanto untuk mengawal dan memastikan semua jenis barang bantuan itu dapat diterima dengan baik oleh Pemerintah Republik Sudan. Pada saat yang sama, Kepala BNPB sendiri juga tengah melaksanakan misi pengiriman bantuan kemanusiaan untuk Palestina melalui Pemerintah Mesir di Kairo.

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Setibanya di Sudan, rombongan delegasi Indonesia beserta bantuan kemanusiaan disambut oleh Menteri Kesehatan Sudan, Dr. Haitham Mohamed Ibrahim didampingi Dubes RI untuk Republik Sudan Sunarko dan jajaran. Bantuan kemanusiaan berupa obat-obatan, alat kesehatan, logistik dan beberapa barang sesuai permintaan Pemerintah Republik Sudan senilai kurang lebih 15 miliar rupiah dengan berat 12,44 ton kemudian diturunkan dari lambung pesawat sesaat setelah mendarat.

Baca Juga :  BNPB-PVMBG Pantau Sedimen di Alur Lahar dan Hulu Sungai Kawasan Marapi

Acara serah terima bantuan kemanusiaan itu dilakukan di ruang VIP Bandara Internasional Port Sudan, antara Deputi Bidang Penanganan Darurat BNPB Fajar Setyawan dengan Menteri Kesehatan Sudan Haitham Mohamed Ibrahim, disaksikan jajaran Pemerintah Sudan, delegasi dari Indonesia lainnya yang meliputi Ketua Komisi VIII DPR RI Ashabul Kahfi, Dubes RI untuk Republik Sudan Sunarko, Deputi Bidang Logistik dan Peralatan BNPB Lilik Kurniawan, Asdep Kemenko PMK, Kemenlu dan KBRI Khartoum Sudan.

Mewakili Pemerintah Indonesia, Deputi Bidang Penanganan Darurat Fajar Setyawan menyampaikan rasa prihatin atas dampak yang ditimbulkan oleh konflik internal di Sudan. Dia berharap semoga kedamaian segera terwujud sehingga rakyat Sudan dapat menjalani kehidupan dengan damai seperti sebelumnya.

“Pemerintah Indonesia menyampaikan rasa prihatin atas dampak yang ditimbulkan oleh konflik internal Sudan dan berharap semoga perdamaian segera terwujud, sehingga masyarakat Sudan dapat menjalani hidup normal kembali dengan rasa penuh persaudaraan dan perdamaian,” kata Fajar.

Lebih lanjut, Fajar mengatakan pengiriman bantuan ini merupakan wujud dari komitmen Pemerintah Indonesia untuk selalu menjaga perdamaian dunia serta terlibat aktif dalam misi kemanusian baik akibat perang maupun bencana, sebagaimana yang disampaikan Presiden Joko Widodo pada saat upacara pelepasan bantuan dan delegasi di Jakarta, pada Rabu (3/4).

Baca Juga :  BNPB-PVMBG Pantau Sedimen di Alur Lahar dan Hulu Sungai Kawasan Marapi

“Kehadiran delegasi beserta bantuan ini dapat dimaknai bahwa ini adalah bentuk komitmen Pemerintah Indonesia yang selalu berupaya untuk menjaga perdamaian dunia. Termasuk peran aktif kita yang selalu terlibat dalam misi kemanusiaan baik akibat perang maupun bencana alam,” jelas Fajar.

Sementara itu Menteri Kesehatan Sudan Haitham, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Indonesia yang terus menjaga komitmen dalam perdamaian dunia, sebagaimana yang dilakukan pada hari ini untuk membantu masyarakat Sudan yang tengah dilanda krisis akibat konflik internal.

“Terima kasih kepada seluruh yang terlibat, khususnya Kedubes Sudan di Jakarta dan KBRI Sudan. Ini bantuan yang kedua dari Indonesia, yang pertama dulu di bulan Desember dan kali ini datang lagi dengan jumlah yang lebih besar,” jelas Haitham.

Menurutnya, hal ini tidak mungkin terwujud tanpa adanya hubungan baik antara Pemerintah Republik Sudan dan Pemerintah Republik Indonesia yang terus dijaga hingga saat ini. Menteri Kesehatan Sudan berharap semoga bantuan kemanusiaan ini dapat meringankan penderitaan masyarakat Sudan yang terdampak konflik internal.

“Kita semua tahu, pelepasan bantuan ini dilaksanakan oleh Presiden RI Joko Widodo, ini membuktikan bahwa Sudan dan Indonesia memiliki hubungan yang kuat,” kata Haitham.

“Semoga hubungan ini semakin kuat khususnya di bidang kesehatan,” pungkasnya.

Berita Terkait

Wakasau Hadiri Air and Space Power Conference 2024
Alasan Mengejutkan di Balik Serangan Iran ke Israel, Ini Tanggapan Dosen Unair
Gempa M7,5 Guncang Taiwan, 9 Orang Dikabarkan Tewas
Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Palestina dan Sudan
Gempa Berkekuatan M7,5 Guncang Taiwan
Bus Peziarah Tejun ke Jurang di Afsel, 45 Penumpang Tewas 1 Anak Selamat
Wow Keren! Bandara Juanda Jadi Bandara Terbaik se-Asia Pasific
Relawan Inggris Raya Gelar Konsolidasi Dukungan untuk Ganjar Pranowo dan Mahfud MD

Berita Terkait

Kamis, 9 Mei 2024 - 05:21 WIB

Wakasau Hadiri Air and Space Power Conference 2024

Kamis, 25 April 2024 - 07:15 WIB

Alasan Mengejutkan di Balik Serangan Iran ke Israel, Ini Tanggapan Dosen Unair

Kamis, 4 April 2024 - 17:19 WIB

Bantuan Kemanusiaan RI untuk Sudan Tiba di Port Sudan

Rabu, 3 April 2024 - 22:17 WIB

Gempa M7,5 Guncang Taiwan, 9 Orang Dikabarkan Tewas

Rabu, 3 April 2024 - 13:21 WIB

Pemerintah Indonesia Kirimkan Bantuan Kemanusiaan Palestina dan Sudan

Rabu, 3 April 2024 - 10:53 WIB

Gempa Berkekuatan M7,5 Guncang Taiwan

Sabtu, 30 Maret 2024 - 18:07 WIB

Bus Peziarah Tejun ke Jurang di Afsel, 45 Penumpang Tewas 1 Anak Selamat

Selasa, 19 Maret 2024 - 07:48 WIB

Wow Keren! Bandara Juanda Jadi Bandara Terbaik se-Asia Pasific

KANAL TERKINI

KANAL LAMONGAN

Edarkan Sabu, Sejoli Diringkus Satresnarkoba Polres Lamongan

Minggu, 19 Mei 2024 - 23:27 WIB

KANAL KEDIRI

SIWO PWI Kediri Siapkan Atlet di Ajang PORWANAS XIV Banjarmasin

Minggu, 19 Mei 2024 - 21:20 WIB