BAZNAS RI Sukses Kumpulkan ZIS dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya Sebesar Rp 513,2 Miliar

- Editor

Jumat, 31 Desember 2021 - 22:04 WIB

facebook twitter whatsapp telegram line copy

URL berhasil dicopy

facebook icon twitter icon whatsapp icon telegram icon line icon copy

URL berhasil dicopy

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM: Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) RI mengklaim sukses mengumpulkan dana Zakat Infak Sedekah (ZIS) dan Dana Sosial Keagamaan Lainnya (DSKL) sebesar sebesar Rp. 513,2 miliar atau naik 102 persen dari target awal tahun sebesar Rp.503 miliar, kemungkinan angka ini masih akan terus bertambah karena masih ada waktu hingga pukul 00.00 WIB.

Naiknya angka tersebut, maka capaian pengumpulan ZIS dan DSKL yang dilakukan BAZNAS RI sepanjang 2021 telah melampaui target dengan peningkatan sebesar 33 persen dibanding pengumpulan sepanjang 2020.

Hal tersebut diungkapkan oleh Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA, dalam press conference Laporan Pengumpulan Akhir Tahun 2021 dan Sambut Tahun Baru 2022 secara daring, disiarkan langsung melalui kanal YouTube BAZNAS TV, Jumat (31/12/2021).

ADVERTISEMENT

SCROLL TO RESUME CONTENT

Turut hadir dalam konferensi pers tersebut Wakil Ketua BAZNAS, Mokhamad Mahdum, Pimpinan BAZNAS RI Bidang Penghimpunan Rizaludin Kurniawan M.Si, Pimpinan BAZNAS Dr. Zainulbahar Noor, Achmad Sudrajat, Sekretaris BAZNAS, Ahmad Zayadi dan Deputi I Bidang Pengumpulan M Arifin Purwakananta.

“Meningkatnya jumlah penghimpunan zakat tidak lepas dari kinerja menyeluruh mulai dari penghimpunan hingga pada penyaluran zakat yang bermanfaat bagi penerima zakat atau mustahik,” ujar Prof Noor.

Mantan anggota DPR RI ini memaparkan, pihaknya juga berhasil membukukan rasio penyaluran sebesar 82 persen melalui berbagai bidang untuk membantu mustahik mendapat penghidupan lebih baik. Angka 82 persen memiliki makna penyaluran terhadap pengumpulan ZIS dan DSKL di BAZNAS berjalan efektif. Sisa dana penghimpunan ZIS dan DSKL Bulan Desember tahun 2021 sebesar 18 persen akan disalurkan pada Januari 2022.

Baca Juga :  Dok, DPR RI Sahkan UU Desa, Jabatan Kades Jadi 8 Tahun
Ketua BAZNAS RI Prof. Dr. KH. Noor Achmad MA

“Kami berterimakasih atas kepercayaan masyarakat yang sedemikian tingginya dalam menunaikan zakat, meskipun situasi sejak pandemi belum kembali pulih sempurna. Kepercayaan yang terus meningkat ini membuat kami makin bersemangat menjalankan visi menjadi lembaga utama menyejahterakan umat,” katanya.

Ditambahkan oleh Pimpinan BAZNAS RI Bidang Penghimpunan Rizaludin Kurniawan M.Si bahwa nilai penghimpunan ini merupakan pencapaian dari dua fungsi BAZNAS sesuai amanah UU no. 23/2011 tentang Pengelolaan Zakat yaitu sebagai koordinator dan pengendali dengan kewenangan membuat Unit Pengumpul Zakat (UPZ) di instansi pemerintah dan swasta sebesar 32 persen.

Sedangkan 68 persen lainnya merupakan pengumpulan zakat non UPZ sebagai amanah kontitusi dalam menjalankan fungsi operator melalui berbagai kemudahan layanan zakat lainnya.

Layanan kemudahan ini diantaranya melalui puluhan kanal digital, termasuk website baznas.go.id naik 51 persen dari tahun lalu menjadi sebesar Rp136,99 Miliar. Perolehan ini menunjukkan banyaknya milenial yang mempercayakan zakatnya melalui BAZNAS.

Baca Juga :  OJK Kediri Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

“Tercatat sekitar 70 persen donatur sepanjang 2021 adalah anak muda dengan rentang usia 25 – 44 tahun. Mereka yang gemar berbagi memanfaatkan platform-platform digital dan layanan kami tersebar di banyak merchant untuk membayar zakat maupun bersedekah,” katanya.

Layanan kemudahan lainnya yakni melalui metode retail seperti transfer bank, pembayaran di sejumlah merchant seperti minimarket, pegadaian, kantor pos serta layanan zakat perusahaan, layanan potong langsung (zakat payroll system), CSR.

Rizaludin mengajak masyarakat untuk terus berpartisipasi dalam membantu masyarakat yang membutuhkan melalui pembayaran ZIS di layanan-layanan yang disediakan.

“Kami kami mohon doanya di tahun 2022 BAZNAS secara nasional punya target pengumpulan 26 triliun dengan target BAZNAS di tingkat pusat sebesar 760M naik 50% dari tahun 2021,” katanya.

Pada kesempatan yang sama M. Arifin Purwakananta selaku Deputi Bidang Pengumpulan BAZNAS RI menyampaikan bahwa pencapaian yang baik ini akan menjadi modal bagi pengumpulan ZIS dan DSKL tahun depan secara nasional dari BAZNAS dan LAZ yang ditarget sebesar Rp 26 Triliun Rupiah.

“Perlu adanya semangat kolaborasi dan kerjasama antara semua pegiat zakat BAZNAS maupun LAZ se-Indonesia dan ekosistem zakat lainnya untuk mencapai target yang tinggi di tahun depan”, pungkas Arifin. @Rudi

Berita Terkait

Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN Pantau Pasar di Tangerang Selatan
Dok, DPR RI Sahkan UU Desa, Jabatan Kades Jadi 8 Tahun
MKMK Jatuhkan Sanksi Tertulis Pelanggaran Etik Hakim Konstitusi Anwar Usman
Kapolda Jateng Bagikan Tali Asih Kepada Ratusan Anak Yatim Piatu saat Tarling Bersama Forkopimda
OJK Kediri Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah
Gelar Rakorlantas Lintas Sektoral, Kapolda Jatim: Pemudik Tahun ini Naik 58 Persen
Satpol PP Pamekasan Razia Gerobak PKL Tak Bertuan Yang Sering Membuat Macet Arus Lalin
Operasi Pekat Candi 2024, Polda Jateng Amankan Ribuan Orang Kasus Perjudian dan Miras

Berita Terkait

Kamis, 28 Maret 2024 - 17:36 WIB

Wakil Ketua Komisi Komunikasi dan Edukasi BPKN Pantau Pasar di Tangerang Selatan

Kamis, 28 Maret 2024 - 16:13 WIB

MKMK Jatuhkan Sanksi Tertulis Pelanggaran Etik Hakim Konstitusi Anwar Usman

Kamis, 28 Maret 2024 - 04:29 WIB

Kapolda Jateng Bagikan Tali Asih Kepada Ratusan Anak Yatim Piatu saat Tarling Bersama Forkopimda

Kamis, 28 Maret 2024 - 03:23 WIB

OJK Kediri Tingkatkan Literasi dan Inklusi Keuangan Syariah

Rabu, 27 Maret 2024 - 20:55 WIB

Gelar Rakorlantas Lintas Sektoral, Kapolda Jatim: Pemudik Tahun ini Naik 58 Persen

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:30 WIB

Satpol PP Pamekasan Razia Gerobak PKL Tak Bertuan Yang Sering Membuat Macet Arus Lalin

Rabu, 27 Maret 2024 - 14:09 WIB

Operasi Pekat Candi 2024, Polda Jateng Amankan Ribuan Orang Kasus Perjudian dan Miras

Rabu, 27 Maret 2024 - 05:21 WIB

Dua Hakim Agung Diperiksa KPK sebagai Saksi Terkait Kasasi Kasus KM 50

KANAL TERKINI

KANAL SUMATRA

Gunung Marapi Erupsi, Sejumlah Penerbangan di Batalkan

Kamis, 28 Mar 2024 - 17:50 WIB