Home / Daerah

Sabtu, 1 Januari 2022 - 13:32 WIB

Dilanda Banjir, 2.751 Warga Aceh Timur Mengungsi

Editor - ARSO

ACEH TIMUR, KANALINDONESIA.COM: Lebih dari dua ribu warga Aceh Timur mengungsi akibat banjr di sejumlah kecamatan. Sebelumnya dua gampong dilaporkan masih terendam, namun banjir susulan terjadi setelah hujan lebat kembali mengguyur kawasan tersebut.

Perkembangan pada Sabtu (1/1), pukul 09.00 WIB, banjir di Kabupaten Aceh Timur, Provinsi Aceh, menyebabkan 2.751 atau 769 KK mengungsi ke tempat yang lebih aman. Namun demikian, pantauan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Aceh Timur menginformasikan genangan berangsur surut di beberapa titik pada 8 kecamatan.

Sebelumnya dilaporkan tiga kecamatan terdampak pada Jumat pagi kemarin (30/12). Banjir sempat meluas karena curah hujan tinggi di kawasan kabupaten sehingga total 46 gampong atau desa di 8 kecamatan akhirnya terdampak banjir, di antaranya tersebar di Kecamatan Birem Bayeun, Indra Makmur, Sungai Raya, Idi Tunong, Rantau Selamat, Ranto Peureulak, Julok dan Nurussalam

Baca Juga  Tekan Penyebaran PMK, Dinas Pertanian Gresik Beri Vitamin pada Hewan Ternak

Tercatat sebanyak 19.361 jiwa atau 6.274 KK terdampak kejadian tersebut. Selain itu banjir berdampak pada 6.274 unit rumah dan 1 lainnya rusak ringan.

Berdasarkan pantauan prakiraan cuaca, pada sejumlah kecamatan di Kabupaten Aceh Timur masih berpotensi pada hujan ringan-sedang-petir hingga hujan lebat pada hari ini dan esok hari (2/1). Pada kajian inaRISK, Kabupaten Aceh Timur memiliki 24 kecamatan dengan potensi bahaya banjir kategori sedang hingga tinggi, termasuk delapan kecamatan yang terdampak banjir hingga hari ini.

Baca Juga  Rektor UK Petra Surabaya Resmikan 4 Laboratorium

Pemerintah daerah dan masyarakat diimbau untuk tetap waspada dan siap siaga terhadap potensi banjir susulan, maupun bahaya hidrometeorologi basah lain, seperti banjir bandang, tanah longsor dan angin kencang. Waspadai puncak musim hujan pada Januari 2021 hingga Februari tahun depan.

Share :

Baca Juga

Daerah

SiCepat Ekspres Donasi Perahu Karet Kepada BPBD Kabupaten Bekasi

Jatim

Ketua TP PKK NTB Wisuda 34 Siswa SLB

Jabar

PPKM Level 3, Bhabinkamtibmas Polsek Cantigi Rutin Sambangi Warga

Jabar

PPKM Darurat Personel Polsek Indramayu Gencar Bagi Masker Gratis

Jatim

Adu Banteng dengan Truk Tronton, Emak – emak Asal Sooko Mojokerto Terkapar di Tengah Jalan

Jatim

Tekan Kematian Ibu dan Bayi, Bunda Fey Intensifkan Pendampingan dan Pemantauan Ibu Hamil Resiko Tinggi

Jabar

Tim Supervisi Provost Mabes Polri Didampingi Tim Provost Polda Jabar Kunjungi Rest Area 130 A Kecamatan Gantar Indramayu

Daerah

Kapolri, Panglima TNI dan Kepala BNPB Cek Penanganan Covid-19 di Kediri