Home / Hukum

Sabtu, 1 Januari 2022 - 19:32 WIB

TNI AU Resmi Tahan Oknum Prajuritnya diduga Ikut Membantu Pengiriman PMI Ilegal

Editor - WINARKO

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah

Kadispenau Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah

JAKARTA, KANALINDONESIA.COM :   TNI AU resmi menahan satu oknum prajuritnya yang diduga ikut membantu pengiriman Pekerja Migran Indonesia (PMI) secara ilegal ke Malaysia. Penahanan ini dilakukan Polisi Militer TNI AU (Pomau) menyusul pendalaman yang dilakukan TNI AU atas keterangan Badan Pelindung Pekerja Migran Indonesia (BP2MI) pekan kemarin.

Kepala Dinas Penerangan TNI AU (Kadispenau) Marsma TNI Indan Gilang Buldansyah, S.Sos mengatakan, dari pendalaman penyelidikan yang dilakukan, Pomau telah menahan satu prajurit berpangkat Sersan Kepala S, yang diduga ikut membantu pengiriman PMI ilegal ke Malaysia.

“Penyidik Pomau telah menetapkan oknum prajurit Sersan Kepala S, sebagai tersangka. Untuk kepentingan penyelidikan, sekarang yang besangkutan resmi ditahan dan masih dimintai keterangan oleh petugas,”jelas Kadispenau.

Baca Juga  Presiden Jokowi Kembali Tegaskan Pentingnya Implementasi Lima Butir Konsensus ASEAN untuk Masalah Myanmar

Kadispenau menambahkan, keterlibatan oknum Sersan Kepala S, sebatas sebagai penyedia jasa transportasi darat. Informasi akan terus dikembangkan dan didalami agar permasalahan menjadi lebih terang.

“Penetapan sebagai tersangka, penahanan dan pendalaman terhadap oknum prajurit Sersan Kepala S, sebagai bentuk komitmen dan keseriusan TNI AU dalam menegakkan hukum kepada prajuritnya yang tidak disiplin dan tidak taat hukum,”imbuh Kadispenau.

Pasal yang disangkakan adalah Pasal 81 jo Pasal 83 UU Nomor 18 tahun 2017 tentang Perlindungan Pekerja Migran Indonesia, Pasal 2 dan pasal 4 UU nomor 21 tahun 2007 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Perdagangan Orang dan  Pasal 55 KUHP serta Pasal 103 KUHPM.

Baca Juga  Hari Keenam, Praperadilan JE Hadirkan Ahli Kriminologi Universitas Brawijaya

Seperti diketahui, bahwa beberapa waktu lalu BP2MI merilis keterangan ke media tentang dugaan adanya keterlibatan oknum prajurit TNI AU dalam pengiriman PMI ilegal ke Malaysia.

Informasi tersebut mencuat ke publik, menyusulnya tenggelamnya kapal boat yang ditumpangi PMI ilegal di perairan Johor Malaysia.  Belasan PMI bisa diselamatkan, sementara puluhan lainya meninggal dan ada juga yang belum ditemukan sampai [email protected]

Share :

Baca Juga

Birokrasi

Akhirnya Ditangkap, ini Alasan Wanita Asal Sampang Buang Bayinya Sendiri di Warkop Nyamplungan Surabaya

Hukum

Kurang dari 24 Jam Polres Pacitan Bekuk Pelaku Pembunuhan Gadis di Pantai Patok Koang Tamperan

Birokrasi

Sidang Kasus Utang Piutang Berlanjut, PH Hengky Hadi Saputra Sebut Sebenarnya Kasus Perdata Bukan Pidana

Birokrasi

Ketahuan Panggil Suami Orang “Sayang” di WA, Pelakor Laporkan Istri Sah ke Polisi

Birokrasi

Pengedar Sabu di Petemon Kuburan Diringkus Timsus Satreskoba Polrestabes Surabaya

Birokrasi

Divonis Hakim 2 Tahun 3 Bulan Bui, Advokat Firdaus Fairuz: aku tidak bersalah

Birokrasi

Gagal Cabuli Wanita Kenalan di Medsos, Pria Asal Bandung Dibekuk Unit PPA Polrestabes Surabaya

Birokrasi

Rutin ke Surabaya, Rahmat Santoso Pilih Mangkir Sidang Lily Yunita