Babinsa Koramil 06/ Cimanggis Pantau Harga SembakoL Pal Sigunung Depok

KANALINDONESIA.COM, DEPOK : Harga sembako yang terkadang mengalami peningkatan harga di pasar Pal Sigunung pada saat menjelang idul fitri, menjadi bahan perhatian Babinsa Tugu Koramil 06/Cimanggis Kodim 0508/Depok untuk memantau harga pasar dan sejumlah toko sembako.

Pemantauan kemampuan daya beli masyarakat oleh Serka Musoliudin terhadap bahan pokok di Pasar Palsigunung yang berada dikelurahan tugu kecamatan Cimanggis, guna menghimbau kepada para pedagang agar tetap menjaga kestabilan harga jual sembako dipasaran dan mencegah terjadinya penimbunan Sembako dari oknum yang kurang bertanggung jawab dengan harapan dapat meningkatkan daya beli masyarakat itu sendiri, Jum’at (16/06/2017).

Untuk ketetapan harga standar Sembako dipasar sudah ada kebijakan dari Pemerintah yang diatur dalam Peraturan Menteri Perdagangan (Permendag) Nomor 27/M-DAG/PER/5/2017 tentang Harga Acuan Pembelian di Petani dan Penjualan di Konsumen untuk 9 komoditas yakni beras, kedelai, jagung, gula, bawang merah, cabai, serta daging sapi atau kerbau beku, daging ayam ras, dan telur ayam ras.

Baca:  Sambut HUT TNI AU Ke 74, TNI AU Bagikan Sembako, Masker dan Cairan Disinfektan ke Rumah Singgah Yatim Piatu

“Kebijakan tersebut dikeluarkan pemerintah guna mengendalikan harga bahan pangan di pasaran tradisional maupun pasar ritel modern, tutur Serka Musoliudin.

Dikatakan bawang merah Rp 32.000/kg, daging ayam ras Rp 32.000/kg, dan telur ayam ras Rp 22.000/kg, daging sapi segar jenis paha depan Rp 98.000/kg, paha belakang Rp 105.000/kg.

Beberapa bahan pangan yang lain dijual pedagang disini memang berada di atas harga acuan. Seperti harga jual kedelai yakni Rp 10.000/kg, minyak goreng curah Rp 12.000/liter, minyak goreng kemasan Rp 13.000/liter, beras medium kisaran Rp 8.000-12.000/kg.

“Kita kan jualnya mengikuti harga pasaran, kalau turun ya dari kulakan kita turunin dari sini. Namanya juga orang jualan,” kata Ibu Sri, menanggapi aturan harga acuan yang dirilis pemerintah. (ery ns/pendam jaya)

Baca:  Penasehat MUI Depok Pesan Kepada Babinsa Jaga Persatuan Bangsa