Menpar Optimis Penerbangan Jakarta -Banyuwangi Penuhi Target Wisatawan

foto : istimewa

KANALINDONESIA.COM, BANYUWANGI: Menteri Pariwisata Arief Yahya optimis dengan dibukanya penerbangan langsung Jakarta-Banyuwangi ole NAM Air, Jumat (16/06/2017) ini bisa memenuhi target wisatawan.

“Targetnya ada 40 ribu kursi yang terjual per tahun. Asumsinya jika ada 6 juta penduduk per empat kabupaten (Jember, Banyuwangi, Situbondo dan Jembrana). Jika satu persennya saja aktif menggunakan bandara maka akan ada 300 ribu kursi yang terisi. kami yakin bisa memenuhi target,” ujar yahya.

Untuk itulah Arief Yahya menyarankan untuk mengubah Bandara Blimbingsari menjadi bandara bertaraf internasional. “Bangka Belitung saja bisa membangun bandara internasional. Banyuwangi pasti bisa,” kata Arief.

Selain itu dengan adanya penerbangan ini bisa membuka keran wisatawan mancanegara yang datang ke Indonesia makin meningkat.

Baca:  Presiden Jokowi Gelar Ratas Lanjutan Rencana Pemindahan Ibu Kota

“Kita contohkan saja tahun 2019 akan ada 100 ribu wisman yang bisa datang ke Banyuwangi, setelah adanya direct flight. Pendapat devisa kita kira-kira bisa mencapai Rp 1,3 triliun,” ujar Arief Yahya dalam sambutan pada peresmian penerbangan langsung maskapai NAM Air Jakarta-Banyuwangi di Bandara Blimbingsari.

Yahya menyebutkan wilayah geografis yang berdekatan dengan Pulau Bali menjadi keuntungan tersendiri bagi pariwisata di Banyuwangi. Dengan adanya penerbangan langsung ini, maka wisatawan yang berkunjung ke Bali bisa mengalihkan penerbangan pulang mereka melalui Banyuwangi.(°)