PONOROGO, KANALINDONESIA.COM: Untuk meningkatkan layanan masyarakat, Dinas Kesehatan Kabupaten Ponorogo tak hentinya melakukan inovasi cerdas salah satunya dengan membuat program “Japri Dokter”. Kali ini program tersebut dilaunching oleh Bupati Ponorogo, Sugiri Sancoko, yang turut dihadiri oleh Lisdyarita, di Komplek Gedung Terpadu, Kamis (27/5/2021).

“Japri Dokter” merupakan layanan konsultasi kesehatan non kegawatdaruratan secara online dengan dokter untuk pelayanan masalah kesehatan bagi masyarakat Ponorogo. Konsultasi ini tidak dipungut biaya alias gratis yang bisa diakses melalui chat WhatsApp di nomor 08113731001.

Masyarakat bisa konsultasi kapan saja di hari Senin sampai Kamis pukul 08.00-14.00 WIB, dan Jumat pukul 08.00-11.00 WIB.

“Tentunya akan ada tanya jawab secara online sehingga dokter bisa memberikan arahan pada pasien terkait penyakitnya,” ujar Rahayu Kusdarini, Kepala Dinas Kesehatan Ponorogo.

Sementara itu, PSC merupakan Public Safety Center 119 yang berfungsi untuk melayani masyarakat pada kasus kegawatdaruratan di Kabupaten Ponorogo. Seperti memberikan pertolongan pertama, mengevakuasi pasien ke tempat rujukan, memberikan informasi kesehatan, dan memberikan layanan kebencanaan.

PSC 119 on call 24 jam bisa diakses secara gratis di nomor 085257969119 atau (0352) 3591116.

“Ini merupakan inovasi yang cerdas. Di masa pandemi orang takut periksa ke rumah sakit, takut ke dokter. Maka solusi terbaik adalah konsultasi kesehatan lewat Japri Dokter,” tegas Sugiri.

Dengan layanan baru ini, Sugiri berharap bisa memberikan layanan dan kenyamanan pada masyarakat. Ia juga berharap bisa lebih ditingkatkan dengan tidak terbatas pada jam kerja.

“Saya usul bisa juga pada hari libur dan sampai malam. Karena online kapan pun dan di manapun pastinya dokter bisa melayani secara online,” imbuhnya.

“Untuk ke depan para tenaga kesehatan jangan lelah berjuang, jangan jenuh. Sabar menghadapi ujian dan risiko. Saya berada di garda depan bersama panjenengan melawan covid-19,” pungkas Sugiri.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here